Ilustrasi
Fashion

Hipertensi Penyumbang Pertama Angka Kematian

Deliana Pradhita Sari
Senin, 24 Maret 2014 - 18:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dari 56 juta kematian per tahun akibat penyakit tidak menular (PTM),  urutan pertama ditempati oleh hipertensi.

Hipertensi menyumbang kematian sebanyak 7 juta jiwa dalam setiap tahunnya, demikian Prof. Suhardjono pada konferensi pers The 8th Annual Scientific Meeting of Indonesia Society of Hypertension belum lama ini.

Posisi dua dan tiga, tambahnya, diduduki oleh merokok dan kolesterol tinggi.

Dia menambahkan, hipertensi memiliki komplikasi gagal organ yang menyebabkan stroke, komplikasi mata, gagal jantung, gagal ginjal, dan penyemptan pembuluh darah.

Pakar hipertensi dr. Arieska Ann Soenarta menjelaskan dalam kesempatan yang sama bahwa faktor penyebab hipertensi adalah faktor genetik yang tidak dapat dimodifikasi dan faktor lingkungan yang masih bisa dimodifikasi.

Faktor genetik, tuturnya, meliputi usia sang penderita yang biasanya berkisar 35-55 tahun. Selain itu, faktor etnis dan keturunan juga berpengaruh.

“Kerapnya kini faktor lingkungan juga sangat berpengaruh, terlebih pada pola konsumsi makanan yang menjadi penyebab hipertensi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro