Perempuan Dengan Golongan Darah B Rentan Kena Diabetes

Sebuah penelitian menemukan, perempuan dengan golongan darah A, B dan AB beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Sedangkan perempuan dengan golongan darah O cenderung lebih rendah resikonya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 Desember 2014  |  15:02 WIB
Perempuan Dengan Golongan Darah B Rentan Kena Diabetes
Ilustrasi golongan darah -

Bisnis.com, JAKARTA—Sebuah penelitian menemukan, perempuan dengan golongan darah A, B dan AB beresiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Sedangkan perempuan dengan golongan darah O cenderung lebih rendah resikonya.

“Temuan kami mendukung adanya hubungan  antara golongan darah dan risiko diabetes, dengan peserta dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2," kata Guy Fagherazzi dari Pusat Penelitian Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk di Prancis.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengumpulkan data dari lebih dari 80.000 perempuan di Prancis diikuti antara tahun 1990 dan 2008.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan wanita dengan golongan darah O, wanita dengan kelompok A adalah 10 persen lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dan orang-orang dengan kelompok B 21 persen lebih mungkin.

Kelompok AB adalah 17 persen lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Dibandingkan dengan  perempuan dengan golongan darah O, peningkatan tertinggi risiko mengembangkan diabetes tipe 2 ditemukan pada B + (35 persen peningkatan risiko), diikuti oleh AB + (26 persen), A- (22 persen), A + (17 persen).

"Penelitian ini menunjukkan untuk pertama kalinya dalam kohort prospektif besar yang golongan darah ABO tertentu berhubungan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2," kata Fagherazzi.

Para penulis mengatakan bahwa alasan di balik asosiasi saat ini tidak diketahui, tetapi bisa juga berhubungan dengan sejumlah faktor.

Ia telah mengemukakan bahwa ABO lokus manusia dapat mempengaruhi penanda endotel atau peradangan.

ABO pengelompokan juga berhubungan dengan berbagai molekul yang dikenal untuk dihubungkan dengan diabetes tipe 2. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Diabetologia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diabetes, darah

Sumber : times of India

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top