Ilustrasi/idiva.com
Health

EFEK DEODORAN: Wah, Ternyata Bisa Menyebabkan Alergi Hingga Kanker

 Septina Arifiani
Selasa, 30 Desember 2014 - 00:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menggunakan deodoran menjadi sebuah barang yang tak bisa terpisahkan dari kebanyakan hidup seseorang. Mencegah keringat berlebih menjadi alasan terbesar seseorang selalu menggunakan deodoran sebelum melakukan aktivitas. Tapi tips kesehatan justru menyebut deodoran memiliki efek negatif.

Dikutip Solopos.com dari situs tips kesehatan Boldsky, Selasa (23/12/2014) berikut efek negatif penggunaan deodoran bagi tubuh:

Menyebabkan Alergi

Sebagian besar deodoran mengandung etanol. Seperti sebagian alkohol lainya, etanol dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Deodoran mengandung berbagai zat kimia lain yang dapat menyebabkan alergi serius. Tips kesehatan menyebut triklosan juga menjadi salah satu efek negatif deodoran.

Meninggalkan Noda

Deodoran diketahui dapat meninggalkan noda di pakaian gelap. Hal ini dapat menyusahkan bagi orang-orang yang suka memakai warna gelap gelap. Orang-orang yang memakai seragam putih juga mengeluhkan kekuningan noda setelah penggunaan deodoran.

Menyebabkan Alzeimer

Sebagian besar deodoran yang digunakan diketahui mengandung derivatif aluminium. Zat tersebut dapat menyebabkan Alzheimer pada manusia. Meskipun berbagai penelitian menunjukkan tingkat aluminium dalam deodoran tidak benar-benar menyebabkan Alzheimer, namun ada juga penelitian yang membuktikan sebaliknya.

Menyebabkan Kanker Payudara

Deodoran sebagian besar disemprotkan di wilayah ketiak yang dekat dengan jaringan payudara. Deodoran terdiri senyawa estrogenik yang memiliki kemampuan yang sama dengan hormon tubuh, estrogen. Estrogen dikenal untuk pertumbuhan jaringan payudara. Hal ini dapat menjadi hal yang dapat memicu kanket payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro