Negara Tersehat di Dunia: Soal Tidur, Indonesia Nomor Satu

Survei kesehatan secara global telah dilakukan grup riset GfK di 23 negara dengan responden 28 ribu orang.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 10 Januari 2015  |  08:41 WIB
Negara Tersehat di Dunia: Soal Tidur, Indonesia Nomor Satu
Ilustrasi survei kesehatan di berbagai negara - medicaldaily.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Survei kesehatan secara global telah dilakukan grup riset GfK di 23 negara dengan responden 28 ribu orang.

Seperti dilansir Medicaldaily.com, Rabu (7/1/2015), adapun pertanyaan yang diajukan kepada responden adalah jenis olahraga yang dilakukan, kebiasaan tidur, dan cara menjaga kesehatan tubuh dari waktu ke waktu.

Negara-negara disurvei antara lain Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Polandia, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Turki, Inggris, Ukraina , dan Amerika Serikat.

Tidur, diet, dan olahraga dianggap sebagai tiga pilar kesehatan. Sementara nutrisi dan olahraga secara luas diakui sebagai kebutuhan biologis, sedikit yang diketahui tentang tidur. Manusia menghabiskan sepertiga dari kehidupan mereka untuk idur, namun sering disalahpahami dan diabaikan. Keseimbangan adalah kunci untuk mempertahankan, fondasi yang kuat untuk sehat, dan jika salah satu pilar runtuh karena ketidaktahuan, maka akan dibutuhkan biaya besar untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Selain tiga pilar, GfK juga mencatat 54 persen dari responden memiliki rutinitas perawatan mulut yang sehat, dan 38 persen orang menggunakan produk perawatan kulit, kecantikan, atau produk perawatan pribadi di seluruh dunia. Hanya 22 persen dari penduduk dunia mengklaim mengambilwaktu  istirahat dari rutinitas, sementara hanya 17 persen yang berlatih meditasi atau menggunakan teknik relaksasi lainnya.

Tidur

Ternyata dua-pertiga dari penduduk dunia secara teratur meiliki tidur malam yang berkualitas dari tujuh sampai delapan jam. Negara dengan kebiasaan tidur terbaik adalah Indonesia; 85 persen warganya mendapat cukup tidur setiap malam.

Di tempat kedua adalah India, sebanyak 77 persen dari penduduknya cukup tidur, dan di tempat ketiga adalah Chhina, dengan 73 persen dari seluruh penduduknya memiliki tidur yang cukup. Ini cukup mengejutkan, karena negara ini memiliki penduduk paling banyak di dunia.

Hanya setengah dari semua orang Rusia mendapatkan tidur yang cukup untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Sedangkan, penduduk Amerika Serikat (AS) 62 persen memiliki waktu tidur yang cukup.

Diet

Rata-rata, hanya 59 persen orang di seluruh dunia dilaporkan cukup makan makanan sehat dan bergizi, dan sebagian besar dari mereka adalah perempuan. India dan Indonesia melaporkan 79 dan 74 persen warganya makan cukup sehat untuk mempertahankan kesejahteraan fisik.

Jepang melaporkan hanya 29 persen dari warganya memiliki diet yang cukup kuat untuk mempertahankan kesehatan fisik. Sedangkan di AS, ada 61 persen warganya yang memiliki kebiasaan makanan sehat.

Olahraga

Untuk olahraga, rata-rata 57 persen dari penduduk mempertahankan kegiatan aktivitas fisik setiap hari. Meksiko berada di puncak daftar dengan 68 persen, diikuti China 67 persen, Kanada dan Australia peringkat ketiga dengan data 61 persen. Jepang berada di tempat terakhir dengan hanya 39 persen warganya yang melaporkan latihan. Warga AS menempati urutan terakhir dengan 60 persen warganya berolahraga setiap hari. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Percaya atau Tidak, Faktor Nasib Tentukan Anda Sakit Kanker

INFO CUACA: Jabodetabek Siang Hujan Ringan, Malam Berawan

SERANGAN MAUT CHARLIE HEBDO: Polisi Inggris Jaga Pemukiman Yahudi

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Sumber : Medicaldaily.com

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup