Obat cair/happyness.com
Health

Keliru bila Minum Obat Pakai Sendok Makan

Evi Handayani
Selasa, 20 Januari 2015 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Minum obat cair dengan sendok dapur atau sendok makan memang terlihat tidak keliru, namun tahukah Anda?

Secara medis, mengukur dosis obat cair dengan sendok dapur tidak dianjurkan, karena bukan alat ukur akurat untuk minum obat.

Dilansir Lifehacker, Jumat (16/1/2015), sendok dapur yang dimaksud adalah sendok teh atau sendok makan. Berdasarkan penelitian, secara umum orang mengukur dosis obat cair menggunakan sendok dapur.

Meski terlihat sebagai suatu hal yang sederhana, penggunaan sendok makan atau sendok teh ternyata berakibat cukup fatal, karena dosis obat yang diberikan besar kemungkinan tidak sesuai dengan saran dokter.

Kesalahan pemberian dosis obat, akan berakibat pada penyakit yang mengalami proses penyembuhan lebih lama, atau bahkan berakibat overdosis. Terkait hal itu, para peneliti menyarankan agar menggunakan alat penakar yang telah tersedia di kemasan obat.

Apabila alat ukur tersebut tidak tersedia dalam kemasan, peneliti menyarankan agar membeli alat ukur obat yang tersedia secara terpisah di apotek. (Bisnis.com/Solopos.com)

BACA JUGA:

MEA 2015: Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Habiskan Rp165 Miliar

BPJS KESEHATAN: Iuran Naik, Beban Peserta Mandiri Makin Berat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Evi Handayani
Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro