Ilustrasi/babyoye
Health

Ajak Anak Belajar Jadi Dokter Kecil Lewat Aplikasi Ini

Fitri Rachmawati
Rabu, 4 Februari 2015 - 10:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Parkway Hospital Singapore melalui Mount Elizabeth Novena Hospital meluncurkan aplikasi dokter kecil pertama di Indonesia khusus untuk anak-anak untuk bermain dan berperan sebagai dokter.

Permainan ini dihadirkan tidak hanya sebagai permainan biasa, tetapi permainan yang memberikan edukasi yang menyenangkan dan penuh dengan kesempatan belajar. Dengan permainan ini diharapkan anak-anak dapat mengasah proses berpikirnya dan menstimulasi pikiran anak.

CEO Mount Elizabeth Hospital, Dr Kelvin Loh, mengatakan melalui aplikasi dokter kecil ini pihaknya bertujuan untuk mendidik anak-anak sedari kecil tentang industri medis dengan berbagai kegiatan interaktif yang menyenangkan.

"Kita berharap aplikasi permainan ini akan menginspirasi anak-anak Indonesia untuk menjadi tenaga profesional medis di masa depan," katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (4/2/2015).

Adapun aplikasi Dokter Kecil ini dapat di download dengan menggunakan Android (phone dan tablet) ataupun iPad di http://www.parkwayhospitals.com/id/doctorforadayapp/.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur, antara lain prosedur medis berbentuk game mini untuk anak-anak, belajar teknik kebersihan dan cuci tangan, belajar berbagai teknik yang digunakan di ruang operasi seperti sayatan, injeksi, dan jahitan, serta belajar istilah medis dan fungsi anatomi tubuh.

Selain itu, dalam fitur aplikasi seperti ruang operasi berfungsi untuk melatih keterampilan motorik dan belajar mengenai prosedur ruang operasi dengan simulasi menjadi dokter bedah kecil.

Ada pula fitur memori anatomi yang berfungsi untuk menstimulasi pikiran anak-anak, melatih memori visual, dan belajar banyak mengenai berbagai jenis bagian tubuh. Selanjutnya, fitur dokter kecilku yang memberikan kreasi bagi anak-anak berpenampilan sebagai dokter.

Menurut Dr Kelvin saat ini teknologi menjadi kebutuhan dan tanpa disadari anak usia dini pun semakin terpengaruh terutama pengaruh negatif.

Melalui aplikasi permainan ini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak di dunia kesehatan supaya anak dapat berperan langsung untuk mengapresiasi dunia pelayanan kesehatan.

"Sekaligus menginspirasi anak-anak menjadi tenaga medis yang profesional ketika mereka dewasa nanti," katanya. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Moon Dance, Keindahan Gaun Oriental Karya Sebastian Gunawan

Mila Kunis Tampak Langsing 4 Bulan Setelah Melahirkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro