Donor darah/ec.europa.eu
Health

Pemilik Golongan Darah AB Paling Malas Donor Darah

News Editor
Senin, 16 Februari 2015 - 06:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pemilik golongan darah AB paling rendah tingkat kesadarannya mendonorkan darah di Indonesia.

"(Kesadaran) golongan darah AB jumlahnya paling sedikit untuk donor darah yakni 7 persen saja. Sementara, golongan darah O paling tinggi yaitu 42 persen. Lalu, diikuti golongan B sebanyak 27 persen dan A 24 persen," ujar Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Dermawan Darah (FOKUSWANDA), Ariman K. Usman di Jakarta, Minggu (15/2/2015).

Menurut Ariman, ketakutan tertular penyakit menjadi salah satu alasan mengapa hal ini terjadi. Padahal, katanya, dari kegiatan donor itulah penyakit yang ada dalam tubuh seseorang bisa terdeteksi.

Di samping itu, hingga kini belum semuanya pemilik golongan darah AB terkumpul dalam satu wadah.

Ariman mengungkapkan dalam organisasinya saja, baru sekitar 75 orang pemilik golongan darah AB yang terdaftar sebagai anggota.

Dia menyoroti kondisi Indonesia yang hingga kini masih mengalami kekurangan stok darah. Menurut dia, dari kebutuhan sekitar lima juta kantong darah, Palang Merah Indonesia (PMI) baru bisa menyediakan sekitar empat juta kantung.

Padahal, jika saja kesadaran orang-orang tentang pentingnya mendonorkan darah meningkat, terutama kalangan muda, maka Indonesia tidak perlu kekurangan stok darah.

"Di Indonesia, ada sekitar 35 juta generasi muda dari kalangan remaja dan setingkat mahasiswa. Kalau 35 juta orang itu diwajibkan mendonorkan darahnya, bisa berapa stok yang tersedia?" pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro