Ilustrasi/Constantcontact
Relationship

4 Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Akhiri Pernikahan

Fitri Rachmawati
Rabu, 11 Maret 2015 - 10:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Psikolog dari Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim mengatakan pada umumnya setiap pasangan suami istri tentu menginginkan pernikahannya berjalan langgeng.

Namun, permasalahan-permasalahan yang datang silih berganti baik masalah ekonomi, ketidakharmonisan rumah tangga, salah satu pasangan berselingkuh, hingga adanya kekerasan dalam rumah tangga bisa menjadi pemicu terjadinya perceraian.

“Memang permasalahan-permasalahan di setiap hubungan suami istri tidak bisa dihindari, karena menyangkut hubungan dua orang yang berbeda karakter,” tuturnya Rabu (11/03/2015).

Ketika salah satu pasangan, baik suami maupun istri menginginkan perceraian, Rose menyarankan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Dampak positif dan negatif

Pasangan sebaiknya melihat dan memikirkan dampak positif serta negatif dari keputusan bercerai, baik bagi anak, maupun diri Anda sendiri.

Apakah cukup layak untuk dipertahankan

Sebelum memutuskan akan bercerai sebaiknya Anda memikirkan lebih mendalam atas hubungan Anda dengan suami atau istri. Apakah hubungan tersebut layak dipertahankan atau memang tidak, terutama demi kehidupan Anda sendiri bukan orang sekitar (ibu, ayah, kakak dan sebagainya).

Butuh pihak ketiga

Jika pasangan merasa tidak mampu mengatasi permasalahan dan konflik sebaiknya perlu didampingi oleh pihak ketiga seperti psikolog atau konsultan pernikahan. Mereka akan memberikan masukan-masukan dan konseling atas permasalahan yang terjadi, serta dijamin tidak akan memihak pihak mana pun.

Butuh kerjasama

Sementara itu, jika pasangan akhirnya memutuskan untuk rujuk kembali sebaiknya yang dilakukan oleh suami istri adalah kerjasama dalam hal memperbaiki hubungan ke depan. Perlu usaha dari kedua belah pihak untuk memperbaiki hubungannya, jika hanya salah satu pihak saja, maka hubungan itu dinilai tidak akan berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro