Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Merawat Lensa Kontak

Lensa kontak sangat sensitif terhadap kemampuan penggunanya menjaga kebersihan. Bagaimana merawat lensa kontak?
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 08 Mei 2015  |  13:45 WIB
Ilustrasi - Wikihow
Ilustrasi - Wikihow

Bisnis.com, JAKARTA- Lensa kontak yang mulai dipilih sebagai alat penunjang kecantikan sangat sensitif terhadap kemampuan penggunanya menjaga kebersihan.

Kebersihan menjadi kunci merawat lensa kontak karena bersentuhan langsung dengan indera penglihatan. Bagi Anda yang dinamis, lensa kontak harian tak akan menjadi masalah. Namun, bagaimana merawat lensa kontak bulanan?

Cheni Lee, Pakar Lensa Kontak, mengatakan cairan yang digunakan untuk merendam lensa kontak selama tidak dipakai harus rutin diganti. Hal ini dilakukan, untuk memperkecil peluang munculnya mikroorganisme.

"Biarpun lensa kontak direndam, jangan direndam seminggu. Harus rutin diganti," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Sebelum dipakai, gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa kontak. Cairan ini, katanya, berfungsi menyalurkan kadar oksigen ke kornea mata.

"Cairan khusus itu gunanya untuk menyalurkan oksigen ke kornea mata kita," katanya.

Sambil dibersihkan dengan cairan khusus, lensa kontak harus digosok bagian depan dan belakangnya. Untuk lensa kontak warna, hal ini bertujuan guna mengecek pigmen warna yang ada pada kontak lensa tersebut.

Menurutnya, jika warna yang ditemukan pada lensa kontak telah memudar, sebaiknya segera ganti dengan kontak lensa yang baru. Pasalnya, dalam keadaan seperti itu, lensa kontak dapat menimbulkan iritasi bila digunakan.

"Kalau waktu digosok-gosok lihat warnanya sudah pudar lebih baik diganti, karena kalau sudah seperti itu bisa kena kornea mata kita kalau dipakai lagi. Itu bisa mengganggu kesehatan mata kita dan bisa iritasi juga," katanya.

Setelah dicuci, keringkan kontak lensa di posisi terbalik di atas sehelai kertas tisu. Tunggu hingga lensa kontak mengering dan masukkan ke wadah yang tertutup rapat. Lakukan hal tersebut rutin setiap kali akan menggunakan lensa kontak.

"Sebelum dipakai, dibilas lagi lebih bagus karena kan saat jari kita menyentuh lensa kontak takut ada debunya. Jadi untuk menghindari iritasi pada mata," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips gaya hidup
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top