Health

Awas, Ciuman Jadi Pemicu Utama Penularan Human Papiloma Virus

Dimas Novita Sari
Rabu, 29 Juli 2015 - 13:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berciuman telah mengambilalih merokok dan meminum alkohol sebagai penyebab utama kanker kepala dan leher rahim melalui penularan virus human papiloma.

Dikutip dari DailyMail, Rabu (29/7/2015), ciuman ala Prancis atau yang dikenal sebagai french kiss dapat menularkan human papiloma virus (HPV).  

Head of Maxillofacial and Head and Neck Surgery di Royal Darwin Hospital Mahiban Thomas mengatakan virus tersebut bertanggung jawab sebesar 70% untuk kasus kanker kepala dan leher.

Dia menjelaskan jika HPF terinfeksi di orofaring (tabung berotot yang menghubungkan hidung dan mulut ke kerongkongan), maka risiko terkena kanker kepala dan leher, 250 kali lebih tinggi dari pada orang yang tidak terkena virus.

The Centers for Disease Control and Prevention menujukkan HPV oral dapat ditularkan selama seks oral atau berciuman ala Perancis. Risiko tersebut juga meningkat sejalan dengan jumlah lawan ciuman.

Sebanyak 3.121 kasus kanker leher dan kepala didiagnosis si Australia yang disebabkan oleh merokok, minum alkohol, paparan sinar matahari, radiasi, dan HPV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro