Ilustrasi/Wtop
Relationship

Bekerja Sebelum Jam 10.00 Ancam Kesehatan Pekerja

Yulianisa Sulistyoningrum
Sabtu, 12 September 2015 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Memaksa karyawan memulai kerja sebelum jam 10.00 bisa membuat mereka sakit, kelelahan, dan mengalami stres, kata peneliti dari Universitas Oxford, Inggris .

Dr Paul Kelley mengatakan, diperlukan perubahan fundamental di tingkat masyarakat untuk menyesuaikan jam kantor, jam sekolah dengan jam tubuh manusia.

Penelitian menunjukkan anak-anak berusia 10 tahun baru bisa fokus untuk mengerjakan tugas-tugas akademik setelah pukul 08.30 sedangkan remaja berusia 16 tahun mestinya memulai kegiatan pendidikan pada pukul 10.00 untuk mendapatkan prestasi akademik terbaik. Untuk mahasiswa jam ideal memulai perkuliahan adalah pukul 11.00.

Kurang tidur

Untuk orang dewasa, hingga usia 55 tahun, jam tubuh tidak cocok dengan ritme atau pola kerja yang dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada 17.00, biasa disebut pola kerja 9-5.

Bila dipaksakan, pola ini bisa menjadi ancaman serius terhadap kinerja, suasana hati, dan kesehatan mental.

“Ada masalah sosial yang besar di sini, karyawan mestinya memulai kerja pada pukul 10.00,” kata pakar Universitas Oxford, Dr Paul Kelley, seraya menambahkan bahwa jam 09.00 terlalu pagi untuk memulai kerja.

“Sebagian besar karyawan kurang tidur (jika harus masuk kantor pukul 09.00),” katanya saat berbicara di Festival Sains Inggris di Bradford, seperti dikutip dari Daily Telegraph.

Ia menjelaskan pola kerja 9-5 berdampak buruk terhadap sistem tubuh kita karena pola mempengaruhi sistem kinerja fisik dan mental.

“Jantung dan hati Anda punya pola yang berbeda dan Anda meminta organ tubuh ini memulai kerja dua atau tiga jam (lebih awal),” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro