Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menelusuri Jejak Islam di Museum of Islamic Art Doha

Islam adalah salah satu agama terbesar yang meninggalkan jejak di berbagai kebudayaan di dunia.
Museum di Doha/Demis Rizky Gosta
Museum di Doha/Demis Rizky Gosta

Bisnis.com, DOHA—Islam adalah salah satu agama terbesar yang meninggalkan jejak di berbagai kebudayaan di dunia.

Museum of Islamic Art yang berlokasi di Doha berusaha menggambarkan kesamaan karakter sekaligus menunjukkan ciri khas yang membedakan tiap kebudayaan islam di penjuru bumi.

Bisnis.com berkesempatan mengunjungi museum yang dibangun di tepi pantai tersebut di tengah acara kunjungan ke markas Oooredoo Group, pemegang saham terbesar PT Indosat Tbk (ISAT).

Museum of Islamic Art (MIA) menghadirkan koleksi karya seni islam dari Asia, Afrika, dan Eropa dari abad ke-7 hingga abad ke-19 dalam area seluas 45.000 meter per segi.

Bangunan museum yang didesain oleh I. M. Pei terinspirasi dari arsitektur bangunan islam di Timur Tengah. Uniknya, dari sisi tertentu bangunan tersebut terlihat seperti siluet perempuan muslim yang mengenakan burqa.

Koleksi yang dihadirikan di dalam museum terdiri dari beragam barang dari berbagai aspek kehidupan muslim. 

Mayoritas obyek budaya yang dipajang justru adalah barang yang tidak langsung terkait dengan aktivitas keagamaan. 

Contohnya adalah ruangan yang menampilkan sumbangan kebudayan muslim dalam ilmu pengetahuan seperti kompas, jam matahari, dan peta.

Hal lain yang menarik dari karya yang dipamerkan adalah kesamaan karakter seni rupa islam dari berbagai penjuru dunia.

Larangan bagi penganut islam menggambarkan makhluk hidup mendorong terciptanya ciri seni geomoteris yang khas dari budaya yang terpisah ribuan kilometer.

Motif khas geometris dalam berbagai benda keseharian yang digunakan masyarakat muslim berbagai periode mulai dari mangkuk, baju zirah prajurit, permadani, hingga ukiran pada pintu.

Ratusan koleksi di MIA ditampilkan dengan baik dan tidak membosankan. Karya seni juga ditampilkan dengan intim berdasarkan budaya asal dan periode. Pengunjung bisa menikmati karya dan peninggalan budaya islam tanpa dipungut biaya di Doha.

MIA adalah bagian dari ambisi Qatar menjadi pusat kebudayaan dan pendidikan di Timur Tengah, selain menjadi pusat bisnis dan finansial modern bersaing dengan Dubai.

Di bidang pendidikan, Qatar telah memiiliki berbagai cabang universitas ternama dari seluruh dunia di Education City. Doha juga menjadi basis dari Al-Jazeera, stasiun televisi berita global yang bersaing ketat dengan BBC dan CNN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler