George Boole/google
Fashion

Google Ikut Rayakan Kelahiran George Boole

Newswire
Senin, 2 November 2015 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Google hari ini merayakan kelahiran George Boole, matematikawan Inggris yang temuan logikanya menata jalan ke era komputer, menjadi dasar revolusi digital.

Google merayakan ulang tahun ke-200 Boole dengan Doodle spesial di halaman utama mesin pencarinya.

Akademisi kelahiran Lincolnshire yang disebut-sebut sebagai matematikawan paling berpengaruh abad 19, merancang satu sistem logika yang ditujukan untuk menyingkap pemikiran kompleks menjadi persamaan sederhana.

Seperti dilansir The Telegraph, Warisan Boole adalah logika Boolean, teori matematika di mana semua variabel adalah "benar" atau "salah", atau "on" atau "off".

Teori itu merupakan awal dari era digital. Ilmuwan asal Amerika, Claude Shannon, menerapkan logika Boolean untuk membangun sirkuit listrik tahun 1930 yang kemudian mengarah ke komputer modern.

Dalam animasi Doodle, Google menggambarkan gerbang logika yang digunakan dalam komputasi berasal dari fungsi Boolean.

Huruf "g" pertama, dua huruf "o", huruf "l" dan "e" pada Google menyala bergantian berdasarkan logika yang ada di bawah huruf-huruf tersebut yang dipasangkan dengan "x" dan "y" yang menyala di huruf kedua "g".

Misalnya, ketika x dan y menyala, huruf pertama "g" (x AND y) dan huruf "o" kedua (x OR y) menyala.

"XOR" yang mengaktifkan huruf "o" pertama dikenal sebagai pintu "Exclusive OR", yang berarti hanya menyala ketika satu dan hanya satu dari x atau y benar.

Saat ini, logika tersebut mendasari semua perangkat digital yang ada di hampir setiap baris kode komputer, dan telah mengubah cara kita menjalani hidup.

Misalnya, pencarian Google untuk dua kata, seperti "David Cameron", merupakan aplikasi dari fungsi "AND", yang berarti nilai keduanya, "David" dan "Cameron", perlu dimunculkan dalam hasil pencarian.

Boole, yang menghabiskan hidupnya sebagai profesor di University College Cork di Irlandia, juga seorang pemikir awal dari teori kecerdasan artifisial, yang menyakini bahwa pikiran manusia bisa direduksi menjadi aturan matematis, dan mendukung permesinan untuk menggantikan pekerjaan membosankan manusia.

George Boole lahir pada 2 November 1815 di Lincoln dan meninggal dunia pada usia 49 tahun pada 1864.

Google Doodle tersebut dapat dilihat di seluruh dunia pada hari ini, kecuali di Amerika Serikat, Meksiko, Italia dan sebagian wilayah di Timur Tengah dan Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro