Cemas/hipnoterapi.com
Health

Tips Cara Singkat Atasi Rasa Cemas

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 11 November 2015 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Meski cemas termasuk salah satu gangguan jiwa, ada cara singkat untuk memulihkannya.

 
President Asean Federation for Psychiatry and Mental Health, Danardi Sosrosumihardjo, mengatakan, pemulihan gangguan jiwa bisa dilakukan dengan cara menggunakan obat dan tanpa obat.
 
Berbagai obat seperti obat antipsikotik hingga antidepresan menjadi pilihan. Langkah lainnya yaitu konseling, pengubahan sudut pandang terhadap suatu masalah, hingga relaksasi adalah cara tanpa obat yang bisa ditempuh.
 
Dengan mengubah pola pernapasan dapat meredakan rasa cemas. Langkahnya, dengan cara menarik napas lalu melepasnya secara perlahan dan menarik lalu menahannya beberapa detik.
 
Pertama, bisa dengan menghirup napas dari hidung dan menghembuskannya melalui mulut dalam hitungan ke-7. Kedua, bisa menghirup napas dari hidung lalu menahannya selama tujuh detik baru kemudian dihembuskan. Cara ini bisa dilakukan sambil duduk atau berbaring asalkan mendapat posisi santai.
 
"Ada dua cara tarik terus dilepas sampai hitungan tujuh atau ditahan dulu," ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/11/2015).
 
Melalui cara ini, perasaan bisa menjadi lebih rileks. Hal itu ditandai dengan menurunnya kecepatan detak jantung secara bertahap. Saat cemas, katanya, biasanya nadi menyentuh angka di atas 90.
 
"Lakukan sebanyak tujuh kali. Adrenalin pasti turun," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro