Relationship

L'Oreal UNESCO For Women In Science Apresiasi 4 Peneliti Berbakat

Atiqa Hanum
Minggu, 6 Desember 2015 - 07:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--LOreal Indonesia dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO bersama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KNIU) memberikan penghargaan kepada empat peneliti perempuan dalam perhelatan LOral-UNESCO For Women in Science (FWIS) ke-12.

President Director PT LOral Indonesia Vismay Sharma mengatakan sebagai perusahaan yang berakar di bidang sains, pihaknya melihat masih banyak stigma yang melekat pada perempuan yang memilih karier di bidang sains. Walaupun banyak perempuan di Indonesia yang menempuh pendidikan lanjut di universitas, hanya sedikit dari mereka yang memilih berkarier di bidang penelitian.Hal ini disebabkan adanya stereotipe yang dilihat oleh para remaja mengenai tanggung jawab hidup bekeluarga dan anggapan miring ketika seorang perempuan memilih sains sebagai karier utama, ucapnya, Sabtu (5/12).

Dia membuktikan dengan adanya survei Opini yang dilaksanakan oleh LOreal Foundation pada tahun 2015 menunjukkan bahwa 67% orang Eropa berpikir bahwa perempuan tidak memiliki keahlian yang cukup untuk menjadi seorang peneliti ulung. Remaja perempuan adalah korban dari situasi ini, dan sering kali faktor penghambat kemajuan perempuan datang dari mereka sendiri. Sains sudah tidak menjadi sebuah bidang yang menarik bagi para remaja putri di tingkat SMP dan SMA.Kami melihat bahwa ini adalah saatnya kami mengembalikan ketertarikan terhadap dunia riset dan inovasi.

Sudah bukan rahasia lagi jika sains membutuhkan lebih banyak kontribusi perempuan karena dunia membutuhkan sains dan sains membutuhkan perempuan, ujarnya.LOral ingin mengangkat sosok perempuan peneliti menjadi pusat perhatian diantara masyarakat luas, terutama kepada keempat Fellow nasional LOral-UNESCO FWIS 2015 yang memiliki semangat untuk membangun Indonesia di bidang ekonomi, kesehatan dan lingkungan.Keempat perempuan luar biasa ini akan mendapatkan dana sebesar Rp 80 juta yang dapat digunakan untuk penelitian mereka.

Keempat perempuan ini adalah Kategori Life Sciences Sastia Prama Putri, Ph.D dari Institut Teknologi Bandung dan Osaka University dan Dr. rer. nat Aluicia Anita Artarini dari Institut Teknologi Bandung.Sedangkan untuk Kategori Material Sciences, dia melanjutkan, Dr. Anawati , PhD dari Universitas Teknologi Sumbawa dan Kiky Corneliasari Sembiring, M.Eng dari Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) mendapatkan hal serupa.

Untuk ditingkat yang lebih junior, LOreal Indonesia meluncurkan program untuk mendukung para remaja perempuan yang memilih sains di tingkat univesitas. Dukungan ini diberikan lewat beasiswa LOral Sorority in Science. Beasiswa ini, tahun ini untuk pertama kalinya diberikan kepada 5 mahasiswi dari Universitas Hasanudin, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Andalas, terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro