Bupati Gianyar AA Gde Bharata menunjuk salah satu topeng saat membuka Festival Topeng Nusantara di Gianyar /ISTIMEWA
Show

Gianyar Gelar Festival Topeng di Ubud

Feri Kristianto
Minggu, 6 Desember 2015 - 17:52
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR--‎Gianyar menggelar C untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap topeng dan ekonomi kreatif.

Ratusan jenis topeng hasil karya seniman topeng se-Nusantara dari berbagai generasi tersebut dipamerkan pada 5-7 Desember di Pura Taman Pule, Ubud, Gianyar.

Ketua Panitia Festival I Gusti Ngurah Wijana menjelaskan pihaknya ingin mengajak masyarakat lebih mengenal budaya khususnya topeng.

“Terwujudnya penggalian, pelestarian serta pengembangan budaya merupakan tujuan pelaksanaan festival ini, disamping menciptakan dan menselaraskan pemerintahan menuju Gianyar Bagus,” terang Wijana yang juga Kadis Kebudayaan Gianyar, Minggu (6/12/2015).

‎Lebih lanjut dijelaskan, peserta festival merupakan 7 sanggar seni dari berbagai kabupaten di Indonesia, yaitu, Kencana Mas, asal Kelurahan Pademangan, Jakarta Utara. Sanggar Jepun Putih, Denpasar. Selain itu, ISI Yogyakarta, Sanggar Kakul Mas dari Sukawati, Sanggar Tari Soeryo Soemirat dari Istana Mangkunegaran Solo, Sanggar Pringgading Cirebon dan Sanggar Tari Kedungmonggo Sekartaji dari Malang.

Sanggar tersebut akan melaksanakan pelbagai kegiatan seperti, pameran topeng, seminar, workshop serta pementasan tari topeng masing-masing daerah. Peserta juga akan persembahan tari topeng di areal Pura Taman Pule, Desa Mas, Kecamatan Ubud dan di areal Puri Pejeng, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring.

”Kami berharap pelaksanaan festival ini sangat bermamfaat, sehingga pelajar, mahasiswa, wisatawan, pengusaha, pemilik museum, budayawan, seniman dan masyarakat lebih menghargai dan memahami warisan budaya topeng,” imbuhnya.

Festival ini juga diharapkan mampu mengangkat pusparagam topeng Nusantara sehingga bisa melestarikan warisan budaya dan menjadi pelengkap Indonesia sebagai daerah tujuan wisata berbasis budaya

Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata mengharapkan festival mampu memberikan dan mewarnai khasanah budaya Nusantara. Kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan Pemkab Gianyar karena disamping bisa melestarikan budaya yang adiluhung, dan meningkatkan perekonomian serta mensejahtrakan masyarakat khususnya seniman topeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro