Sejumlah wisman Australia di Pantai Padma, Legian? Bali/Bisnis.com-Feri Kristianto
Travel

DPR Dukung Target 20 Juta Wisman Pada 2019

John Andhi Oktaveri
Kamis, 10 Desember 2015 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Selain mendukung target kunjungan wisatawan asing 20 juta orang per tahun pada 2019, Anggota Komisi X DPR Teguh Juwarno meminta pemerintah fokus mempromosikan wisata ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Cina, Jepang dan Australia.

"Menurut saya target 20 juta wisman di 2019 adalah target yang rasional mengingat saat ini saja Malaysia sudah mampu mendatangkan 25 juta wisatawan asing (wisman)," ujarnya, Kamis (10/12/2015).

Teguh menilai sangat ironis ketika kunjungan wsiatawan asing ke Malaysia lebih banyak dari ke Indonesia mengingat pilihan destinasi wisata alam yang dimiliki Indonesia lebih banyak dari Malaysia.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu lebih jauh mengatakan bahwa DPR mendukung langkah pemerintah, terutama Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli yang gencar melakukan promosi wisata ke luar negeri.

Salah satu bentuk dukungan, ujar Teguh, DPR dan pemerintah sudah sepakat mengalokasikan anggaran untuk pariwisata lebih dari Rp3 triliun.

"Dua tahun lalu anggaran pariwisata tak sampai Rp1 triliun. Sekarang naik drastis melebihi Rp3 triliun. Artinya DPR sangat berkomitmen mendukung pemerintahan ini memajukan sektor pariwisata," katanya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya menargetkan peningkatan kunjungan wisman hinga 20 juta orang per 2019. Salah satu program untuk merangsang kunjungan wisman ialah bebas visa masuk ke Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro