Ilustrasi - Kosmetik Jepang/Antara
Fashion

Panduan Pilah-Pilih Kosmetika Asal Jepang

Wike Dita Herlinda
Rabu, 9 Maret 2016 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun belakangan ini pasar kosmetika Indonesia banyak diserbu produk-produk dari Korea Selatan, pamor produk kecantikan asal Jepang belum meredup. Bahkan, tata riasa lagadis-gadis Negeri Sakura diprediksi kembali populer tahun ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari animo masyarakat terhadap perhelatanJapan Beauty Week di Plaza Senayan belum lama ini. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki mengatakan kosmetika Negeri Matahari Terbit sudah mendapat tempat di pasar Indonesia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kosmetk Jepang (JCIA) Tetsuya Kambe menjabarkan secara garis besar produk kecantikan Jepang yang sedang tren dan paling banyak dicari kaum hawa terbagi ke dalam tiga golongan, yaitu pelembab, pemutih, dan antipenuaan.

Kosmetik Jepang khususnya produk perawatan kulit [skincare] memiliki kualitas yang telah diakui dunia, setara dengan buatan Prancis. Proses pembuatannya menggunakan teknologi yang canggih, sehingga kualitas dan keamanannya sangat terjamin, tuturnya.

Lalu, apa saja kosmetika dan jenis tata rias yang sedangngetrendi Jepang? Mana saja yang sesuai untuk karakter perempuan Indonesia? Apa saja teknologi pada kosmetika Jepang yang banyak digemari konsumen di Tanah Air?

Mengulik tren kosmetik Jepang tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas produk-produk perawatan kulit. Sebab, banyak sekali produk perawatan kulit berteknologi Jepang yang kualitasnya telah mendunia. Sebut saja esens pitera yang terkandung dalam produk SKII.

Pada perhelatanJapan Beauty Week di Jakarta, berbagai rangkaian produk perawatan kulit pun menjadi penawaran yang di-highlight. Misalnya, set produk-produk Kanebo yang terdiri atas seri Impress, Blanchir,danRaphaie.

Hampir mirip dengan tren perawatan kulit perempuan Korea, produkskincaredari Jepang sebagian besar terdiri dari banyak jenis dalam satu set dan dibedakan berdasarkan penggunaan pagi dan malam.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan tren produk perawatan dari Barat atau dari Indonesia yang cenderung lebih praktis. Produk skincare Jepang pada umumnya terdiri atas pembersih, sabun, serum, losyen, esens, emulsi, krim, masker, dasaran, dan fondesyen.

Penggunaannya pun beragam. Produk pembersih sebaiknya digunakan sebanyak kurang lebih 3 gram atau 2-3 kali tekan sekali pemakaian, sabun 2 gram, krim 0,5 gram, losyen 3 mililiter, emulsi 1 mililiter, dan topeng dalam bentuk lembaran.

Selain Kanebo, produk perawatan dari Jepang yang banyak dicari perempuan Indonesia a.l. Kose, Shiseido, dan Shu Uemura. Pada dasarnya, fungsi rangkaian produk yang ditawarkan masing-masing merek adalah untuk melindungi, membersihkan, merawat, dan melembabkan.

Tidak hanya untuk kecantikan kulit wajah, Jepang menawarkan berbagai produk perawatan untuk kesehatan kulit areal intim. Untuk diketahui, parafashionistaJepang sangat peduli dengan kecantikan kulit tidak hanya pada areal yang kasat mata, tapi termasuk areal pribadi.

Salah satu produk yang tengah populer di Jepang adalah Intime, yang menawarkan produk pemutih areal bikini, pelumas, minyak pijat, sabun feminin, krim kaki dan pinggul, serta krim payudara. Produk ini baru akan dipasarkan di Tanah Air dalam waktu dekat.

TREN MAKEUP

Selain produk perawatan kulit, Jepang juga majemuk dalam memproduksi produk-produk makeup. Sudah bukan rahasia lagi bahwa gadis Jepang gemar berdandan. Kebanyakan perempuan Negeri Sakura lebih menggandrungi makeup yang menonjolkan kecantikan mata.

Oleh karena itu, produk riasan mata dari Jepang kebanyakan memiliki kualitas tinggi dengan warna-warni yang tahan lama. Bahkan, banyak penata rias kelas dunia yang menganjurkan menggunakan produk Jepang unutk eyeliner maupun pemulas alis.

Ada beberapa merek Jepang yang laris manis di pasaran untuk produkeyeliner, seperti K-Palette dan BCL. Produk andalan mereka adalaheyelineryang tahan banting dan dijamin tidak akan memudar atau mengelupas selama seharian penuh atau 24 jam.

Untuk maskara, para produsen Jepang membagi produk-produk mereka ke dalam beberapa jenis a.l. maskara khusus untuk memanjangkan bulu mata tanpa fiber, maskara untuk menambah volume/menebalkan, dan maskara untuk memisah-misah helaian bulu mata.

Produk lain yang tidak kalah ngetren adalah pemulas alis dalam bentuk pensil jel dan bubuk yang dikemas ke dalam bentuk pena berujung ganda. Selain praktis digunakan, seleksi warna produk alis asal Jepang lebih bervariasi dan sesuai untuk berbagai tipe kulit perempuan Asia.

Masih seputar mata, produk yang juga tidak kalah populernya adalah selotip kelopak mata, seperti yang diproduksi Automatic Beauty (AB). Jenis selotip mata yang ditawarkan pun beragam, mulai daridouble-eye tape, double-eye tape short, natural eye tape, single eye tape.

Tren terbaru yang sedang digandrungi adalah selotip kelopak mata yang sudah dilengkapi dengan stripeye shadow warna-warna pastel, sehingga praktis digunakan bagi yang tidak ingin repot berdandan.

Produk makeup Jepang khusus remaja juga banyak ditawarkan, seperti keluaran Canmake. Dengan pengemasan nangirlie bernuansa berlian transparan, produk makeup remaja Jepang didominasi tren warna pastel, seperti oranye, pink,peach, dan merah menyala.

Ketimbang bibir, perempuan muda di Jepang lebih menyukai berbagai produk perona pipi. Mulai dari bentuk jel, bedak, bubuk, krim, hingga stik. Sentuhan shimmerdanglitter juga banyak dijumpai pada produk-produk kosmetik Jepang.

Bagi Anda yang menyukai makeup bernuansa hangat dan palet warna tanah, seri Chocolat keluaraN Lunasol dapat menjadi pilihan. Sesuai temanya, kosmetika ini didominasi warna-warni hangat dengan kemasan seperti boks coklat dan aroma produk yang manis bak coklat.

Masih ada banyak lagi rangkaian produk kosmetik Jepang yang dijajakan di Indonesia. Jika Anda suka tampil feminin dankawaiilayaknya gadis-gadis Jepang, tidak ada salahnya mengdopsi berbagai tren makeup dan produk-produk yang sedang populer di Negeri Sakura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro