Sueli Maria (tak tampak) mengusap Milena, bayi perempunya yang baru berusia 7 hari, yang menderita microcephaly, di Rumah Sakit Recife, Brazil, (28/1/2016)./Reuters-Ueslei Marcelino
Health

Dua Wanita Vietnam Positif Terinveksi Virus Zika

Juli Etha Ramaida Manalu
Selasa, 5 April 2016 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, HANOI— Dua wanita Vietnam positif terjangkit virus Zika yang belakangan sering dikaitkan dengan ribuan kasus mikrosefali, cacat bawaan langka yang merebak di Brasil. Ini merupakan kasus infeksi pertama yang ditemukan di Vietnam.

Kementerian Kesehatan Vietnam seperti dikutip Reuters (5/4/2016) melaporkan bahwa seorang wanita berusia 64 tahun di kota Nha Trang dan seorang wanita lainya berusia 33 tahun di kota Ho Chi Min jatuh sakit pada akhir Maret. Tiga uji kasus yang dilakukan mengkonfirmasi bahwa mereka positif terjangkit virus Zika.

Kondisi kedua pasien saat ini cukup stabil sementara tidak ditemukan infeksi serupa pada keluarga dan tetangga mereka.

Virus zika ditularkan oleh nyamuk kepada manusia. Kendati Zika belum terbukti sebagai penyebab mikrosefali pada bayi, terdapat bukti berkembang yang menunjukkan hubungan keduanya. Bayi yang terjangkit penyakit ini memiliki lingkar kepala yang lebih kecil dibandingkan ukuran normal. Penyakit ini menimbulkan masalah perkembangan pada bayi.

Brasil mengkonfirmasi ada lebih dari 860 kasus mikrosefali dan rata-rata kasus ini berhubungan infeksi Zika pada sang ibu. Brasil menginvestigasi lebih dari 4,200 kasus tambahan  yang diduga merupakan kasus mikrosefali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro