Insomnia/boldsky.com
Relationship

4 Cara Mengatasi Insomnia

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 6 April 2016 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kita semua tahu bahwa minum susu panas atau hangat, dan berendam air hangat dan panas bisa membuat Anda nyenyak tidur di malam hari.

Karena itu, banyak orang yang insomnia memilih minum susu hangat atau berendam menjelang waktu tidur mereka.

Tahukah Anda jika adacara-cara lain yang bisa membuat Anda tertidur, bukan hanya menghitung domba seperti cara awam yang biasa dilakukan dan dipercaya orang selama ini? Berikut tipsnya seperti dilansir timesofindia.com:

Tarik napas melalui lubang hidung sebelah kiri
Metode yoga ini diperkirakan untuk mengurangi tekanan darah dan menenangkan Anda. Terapis tidur holistik Peter Smith mengatakan jika Anda sulit tidur berbaringlah di sisi kiri Anda, dan tekan  jari pada lubang hidung sebelah kanan untuk menutupnya. Secara perlahan. Lakukan pernapasan dalam di lubang hidung sebelah kiri.

Bersantai
lemaskan semua otot Anda saat mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Ahli kecemasan Charles Linden mengatakan berbaring telentang, mengambil napas lambat dalam melalui hidung Anda dan, pada saat yang sama, meremas jari-jari kaki Anda erat seolah-olah Anda sedang mencoba untuk meringkuk mereka di bawah kaki Anda, kemudian lepaskan memeras.

"Kemudian, tekuk kaki Anda ke arah lutut Anda, kemudian lepaskan. Tarik napas lagi, kontrak otot betis Anda, maka Anda paha, pantat, perut, dada, lengan, dan seterusnya tekan dan lepaskan otot-otot satu persatu. Ketika Anda selesai, pernapasan Anda harus stabil dan Anda harus merasa siap untuk tidur,” ujarnya.

Cobalah untuk tetap terjaga
Tantang diri Anda untuk tetap terjaga dan lawan rasa kantuk, Ini disebut paradoks tidur, ujar psikoterapis Julie Hirst. “Biarkan mata Anda terbuka lebar, ulangi untuk diri sendiri 'Aku tidak akan tidur'. Otak tidak memproses negatif baik, sehingga menafsirkan ini sebagai instruksi untuk tidur dan otot mata cepat lelah karena rasa ingin tidur merayap naik."

Mengingat kegiatan hari Anda
Mengingat detail duniawi dalam urutan terbalik membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Ini membantu Anda untuk mencapai keadaan mental yang siap untuk tidur."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro