Ilustrasi/The Richest
Health

Pria Swiss Memiliki Usia Harapan Hidup Terpanjang di Dunia

Anitana Widya Puspa
Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:25
Bagikan

Bisnis.com, JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporan statistik kesehatan dunia 2016 menyatakan negara Swiss memiliki penduduk laki-laki dengan usia harapan hidup rata-rata terpanjang di dunia yakni 81,3 tahun.

Sementara, penduduk perempuan Swiss memiliki usia harapan hidup rata-rata mencapai 85,3 tahun. Angka itu masih kalah dibandingkan perempuan Jepang yang memliki usia harapan hidup rata-rata tertinggi yakni 86,8 tahun

Sebagai perbandingan, Sierra Leone memiliki usia harapan terendah di dunia baik untuk penduduk laki-laki maupun prianya, dengan masing-masing 49,3 tahun dan 50,8 tahun.

Sementara itu, rata-rata usia harapan hidup global untuk kedua jenis kelamin adalah 71,4 tahun. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak lima tahun dalam rentang waktu 2000 hingga 2015. Sebuah peningkatan tercepat sejak 1960-an.

Laporan itu juga menunjukkan tren penurunan terjadi pada 1990-an ketika usia harapan hidup di Afrika jatuh dikarenakan epidemi AIDS. Hal yang sama bagi Eropa Timur karena runtuhnya Uni Soviet. Namun kemajuan itu masih sangat tidak merata di seluruh daerah.

Selain itu laporan juga mencatatkan bahwa bayi baru lahir di 29 negara-negara berpenghasilan tinggi akan mampu hidup sampai rata-rata 80 tahun atau lebih, sementara baru lahir di 22 negara sub-Sahara diprediksikan akan mampu hidup tidak lebih dari 60 tahun.

Direktur Jenderal WHO Margaret Chan menyatakan, hal terbaik yang dapat lakukan untuk memastikan bahwa tak akan ada negara yang diabaikan adalah dengan mendukung seluruh negara agar bergerak ke arah cakupan kesehatan universal berdasarkan perawatan primer yang kuat, kata

Tak hanya itu, lebih jauh laporan tersebut memaparkan bahwa setiap tahunnya 303.000 perempuan meninggal akibat komplikasi kehamilan dan persalinan dan ada 5,9 juta anak-anak tidak mampu bertahan hidup hingga ulang tahun kelima mereka.

Lebih dari 10 juta orang meninggal sebelum usia 70 akibat penyakit jantung dan kanker. Faktor lainnya seperti kecelakaan lalu lintas jalan, polusi udara yang disebabkan oleh bahan bakar dan polusi luar ruangan masing-masing berkontribusi terhadap 1,25 juta, 4,3 juta dan 3 juta kematian setiap tahunnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Xinhua
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro