HIV/AIDS/Antara
Health

Seks Bebas Pemicu Utama Penularan HIV/AIDS di Tulungagung

Newswire
Sabtu, 21 Mei 2016 - 17:54
Bagikan

Kabar24.com, TULUNGAGUNG - Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menyatakan bahwa penularan human immuno deficiency virus di daerah tersebut didominasi oleh perilaku hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan.

Komisioner KPA Tulungagung Didik Eka, Sabtu, mengatakan dari data 80 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) saat ini, 49 di antaranya tertular melalui hubungan seks.

"Hubungan seks menjadi penyebab utama penularan. Penularan lain bisa juga melalui jarum suntik yang digunakan secara bergantian, melalui transfusi darah ataupun dari ASI (air susu ibu)," kata Didik, Sabtu (21/5/2016).

Secara keseluruhan sejak KPA dibentuk di Tulungagung pada 2006, kata dia, perilaku seks bebas selalu menjadi faktor dominan penularan HIV/AIDS di daerah tersebut.

Bahkan dari total 1.307 penderita yang terdata di KPA maupun Dinas Kesehatan Tulungagung selama kurun 2006 hingga sekarang, kata Didik, hampir 85% karena faktor seks bebas.

Sisanya menurut Didik karena penggunaan jarum suntik, narkoba serta penularan langsung dari orang tua kepada anak. "Penularan melalui jarum suntik dan transfusi cenderung kecil. Kasus (penularan) ini pernah ada pada 2006-2010, dan 2012. Setelah itu nihil," tuturnya.

Sementara penularan melalui transfusi darah, kata Didik, sampai saat ini belum pernah ditemukan. "Darah begitu diketahui terinveksi HIV AIDS langsung dimusnahkan dan tidak akan ditranfusikan," katanya.

Mengantisipasi tingginya penularan HIV/AIDS melalui hubungan seks, Didik mengimbau warga proaktif menggunakan kondom atau sarana pengaman seksual guna mencegah penularan langsung saat terjadi gesekan kulit dan kulit alat vital lawan jenis.

"Kondom ini mencegah agar tidak lecet pada kulit bagian vital yang bisa menyebabkan terjadinya penularan penyakit, termasuk HIV/AIDS," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro