Buah Kiwi/Blackpeppercorn
Health

Konsumsi Dua Buah Kiwi Setiap Hari Mampu Atasi Masalah Pencernaan

Reni Efita
Rabu, 25 Mei 2016 - 15:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit tidak menular sering disebut sebagai salah satu penyebab kematian utama dan usia penderitanya pun bergeser ke usia lebih muda. Padahal sebenarnya, penyakit tidak menular bisa dicegah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Penyakit tidak menular, kata Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, banyak diderita oleh kaum urban dan mulai dari usia muda. Sebenarnya, kata Fiastuti, dapat dicegah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

“Rekomendasi perubahan yang dimaksud adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah,” kata Fiastuti, Rabu (25/5/2016).

Banyak pilihan buah-buahan dan sayur yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tapi kandungan vitamin dari setiap jenis buah-buahan itu berbeda-beda.

Satu studi mengenai bioavalibility yang dilakukan oleh Dr Anita Carr dan rekan ditemukan bahwa konsumsi dua buah kiwi per hari dapat meningkatkan keberadaan vitamin C dalam tubuh secara optimum serta mengurangi mood yang buruk, kelelahan, depresi dan meningkatkan mood.

Vitamin C memiliki peran untuk perkembangan dan fungsional tubuh seperti mengurangi kelelahan, meningkatkan imunitas tubuh, dan pembentukan kolagen untuk menunjang fungsi kulit.

Satu riset yang dilakukan oleh Dr Richard Gearry, dari University of Otago, membuktikan pengaruh positif buah kiwi bagi kesehatan pencernaan. Dengan konsumsi dua buah kiwi per hari dapat meringankan efek konstipasi, kesulitan mencerna makanan, sakit perut, dan sakit asam lambung.

“Konsumsi buah merupakan bagian dari diet yang direkomendasikan dalam nenu sehari-sehari. Rekomendasinya adalah 3-5 porsi sayur dan 2-3 porsi buah per hari,” kata Fiastuti.

Kurangnya makan sayur dan buah, katanya, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tidak menular seperti diabetes melitus tipe 2 dan kanker usus besar.

Sementara itu, Marketing Manager Zespri Indonesia Anastasia Damayanti mengatakan pada tahun ini Zespri menginspirasi masyarakat Indonesia untuk melengkapi menu harian dengan buah kiwi Zespri yang bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan vitalitas.

Pada bulan Ramadan, dia merekomendasikan mengonsumsi kiwi Zespri Green yang mengandung serat tinggi saat sahur agar memberi efek kenyang yang lebih lama, sedangkan Zespri Sun Gold disarankan untuk konsumsi saat berbuka puasa, sehingga dapat meningkatkan vitalitas dan mengembalikan energi setelah berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro