Referensi

Buku Panduan bagi Pemimpin Generasi Kedua

Azizah Nur Alfi
Selasa, 19 Juli 2016 - 10:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Muncul anggapan menjadi pangeran atau putri dalam sebuah perusahaan keluarga merupakan keistimewaan yang menguntungkan. Padahal, menjadi pemimpin generasi kedua bukan hal mudah. Selain harus membangun kredibilitas kepemimpinan, juga mencapai sukses perusahaan yang berkesinambungan.

Samuel Pranata yang merupakan Corporate Social Responsibility, Communication, System & Procedure Director Martha Tilaar Group, bersama dengan Bryan Tilaar, Direktur Utama PT Martina Berto Tbk, menuliskan pengalaman dan rahasia sukses memimpin dan menjalankan perusahaan keluarga melalui buku The 2ndG Challenges: Bagaimana Pemimpin Generasi Kedua Perusahaan Keluarga Mencapai Sukses Berkesinambungan.
 
Pengalaman selama 10 tahun memberikan pembelajaran bagaimana generasi kedua menerima estafet kepemimpinan dari generasi pertama. Buku setebal 252 halaman ini, menyajikan lima tantangan yang dihadapi pemimpin generasi kedua. Kelima tantangan dibahas dalam setiap babnya meliputi Tantangan Kepemimpinan, Membangun Kompetensi Bisnis, Peran Mentor, Melestarikan Nilai-nilai Keluarga, dan Menuju Kesinambungan.
 
Setiap tantangan sekaligus disertai contoh kepemimpinan generasi kedua di beberapa perusahaan. Terdapat 14 pemimpin generasi kedua yang berbagi cerita tentang pengalamannya. Mereka adalah Irawati Setiady dari Kalbe, Ariano Rachmat dari Triputra Group. Maya Watono dari Dwi Sapta Group, Shinta Kamdani dari Sintesa Group, Michael Wanandi dari Combiphar, Annette Anhar dari Tugu Hotels & Restaurants Group, Junius Rahardjo dari Javaplant, Teresa Wibowo dari Kawan Lama Group, Dimas Buntoro dari MAK, Svida Alisjahbana dari Femina Group, Noni Purnomo dari Blue Bird Group, Ivan Kamadjaja dari Kamadjaja Logistics, Anne Patricia dari Pan Brothers, dan Wulan Tilaar dari Martha Tilaar Group.
 
Wulan Tilaar, misalnya, menghadapi tantangan kepemimpinan dimana sang ibu, Martha Tilaar, begitu melegenda selama 40 tahun baik di kalangan karyawan maupun stakeholders di luar. Beragam inovasi dilahirkannya untuk membangun kredibilitas sehingga makin diakui keberadaanya. Satu hal yang menjadi bukti terlihat dari Martha Tilaar Salon Day Spa yang kian berkembang dan diterima khalayak.
 
Tantangan yang tidak jarang menjadi sorotan adalah mampukah generasi kedua membesarkan perusahaan? Tantangan ini dijawab dalam ulasan bab Menuju Kesinambungan. Michael Wanandi, Presiden Direktur PT Combiphar, sukses mentransformasikan perusahaannya dari pemain di industri obat generik menjadi perusahaan consumer healthcare.
 
Buku ini menjawab mitos populer bahwa generasi pertama membangun, generasi kedua mempertahankan dan meningkatkan, dan generasi ketiga menghancurkan. Bagi pemimpin generasi kedua dan berikutnya, buku ini patut menjadi rekomendasi untuk belajar sebagai generasi penerus.

Judul Buku: The 2ndG Challenges: Bagaimana Pemimpin Generasi Kedua Perusahaan Keluarga Mencapai Sukses Berkesinambungan
Penulis: Bryan Tilaar, Samuel Pranata, Yuswohady, Dyah Hasto Palupi
Cetakan Pertama: Mei 2016
Halaman: 252 halaman
ISBN: 978-602-03-3109-6

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro