Tidur/boldsky.com
Relationship

Kebahagiaan Hubungan Memengaruhi Kualitas Tidur Seseorang

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 23 Agustus 2016 - 11:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Seberapa baik dan buruknya hubungan Anda dengan pasangan, ternyata dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Sebuah penelitian baru menunjukkan ada kaitan antara hubungan seseorang dengan pasangannya dan waktu tidur mereka.

"Temuan kami menunjukkan bahwa individu dengan mitra responsif mengalami kecemasan yang lebih rendah, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas tidur mereka," kata pemimpin penelitian  Emre Selcuk dari Universitas Timur Tengah Teknis di Turki.

Salah satu fungsi yang paling penting dari tidur adalah untuk melindungi kita mengalami kerusakan dalam kesehatan fisik. Namun, fungsi pelindung ini tidur hanya bisa terwujud bila kita memiliki kualitas tinggi tidur yang baik, dan terhindar dari gangguan tidur, atau dikenal sebagai tidur restoratif.

Tidur Restorative membutuhkan perasaan aman, nyaman, dan tidak adanya ancaman. Bagi manusia, sumber terkuat dari perasaan keselamatan dan keamanan adalah orang-orang yang berada di lingkungan sosialnya yang responsif, seperti pasangan hidupnya, atau bisa juga pengaruh orang tua di masa kecil

"Memiliki pasangan yang responsif yang melindungi dan menghibur adalah cara yang paling efektif bagi kita manusia untuk mengurangi kecemasan, ketegangan, dan gairah," kata Selcuk.

Penelitian tersebut menggunakan data dari Pembangunan penduduk setengah baya dalam proyek US, dimana dalam proyek tersebut,  para peneliti mencari hubungan antara respon pasangan, kesehatan fisik dan psikologis kesejahteraan selama beberapa tahun.

"Secara bersama-sama, kami memperoleh bukti bahwa untuk mendapatkan hidup terbaik untuk bahagia, sehat, dan hidup lebih lama adalah memiliki pasangan responsif," kata Selcuk.

Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Personality Sosial dan Ilmu Psikologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro