Menteri Pariwisata Arief Yahya/Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum
Travel

Tour de Linggarjati ke-2 Kembali Digelar di Kuningan

Ropesta Sitorus
Selasa, 13 September 2016 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kabupaten Kuningan H. Acep Purnama meluncurkan event lomba balap sepeda internasional Tour de Linggarjati (TdL) yang bakal dilangsungkan selama 28-30 Oktober 2016.  

Event tahunan berskala internasional yang ke-2 tersebut digelar sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan serta memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi.
 
"Penyelenggaraan event sport tourism seperti ini juga efektif untuk berpromosi sekaligus mendatangkan wisatawan mancanegara adn memberikan efek ekonomi langsung," katanya dalam acara peluncuran di Kementerian PAriwisata, Selasa (13/9/2016).
 
Agenda lomba balap sepeda ini ditargetkan dapat mendatangkan 250 wisman dari Asean khususnya Malaysia sebagai peserta. Adapun dampak ekonomi langsung TdL diprediksi mencapai Rp4,2 miliar.
 
Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan penyelenggaraan TdL 2016 dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus.
 
Kuningan ingin membuka akses pasar ke mancanegara untuk menjaring wisatawan.
 
"Event ini lahir dari kreatifitas kami untuk memunculkan gagasan untuk menjadi brand image pariwisata di Kuningan. Ini juga menjadi even hari jadi peristiwa Perundingan Linggarjati ke-70 dan hari jadi Kabupaten Kuningan ke-518," tutur Acep.
 
Adapun pelaksanaan TdL akan dimulai dari Gedung Naskah Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Total panjang rute sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan 200 desa di antaranya tempat-tempat wisata yang menarik.
 
TdL 2016 terbagi dari tiga kategori kelas yakni individual time trial (itt), road race/circuit race dan criterium untuk kategori elite (senior), junior dan youth (pemula).
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro