Steak/Brake.co.uk
Health

7 Makanan Bikin Anda Sulit Tidur

JIBI
Kamis, 29 September 2016 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Susah tidur? Mungkin Anda  mengonsumsi makanan atau minuman yang seharusnya tak dikonsumsi pada malam hari, terutama menjelang waktu tidur.

Cari tahu makanan mana yang harus Anda harus hindari, setidaknya tiga jam sebelum tidur, agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Cokelat hitam

Semua cokelat, termasuk cokelat susu, mengandung kafein. Terlebih, cokelat hitam. Semakin gelap warna cokelat, maka lebih banyak kafein yang dikandungnya. Jadi, jika Anda ingin makan cokelat saat malam hari, carilah cokelat dengan kadar kokoa rendah.

Daging panggang/Steak

Di samping dapat meningkatkan kolesterol dan risiko obesitas, makanan berlemak yang tinggi protein, seperti steak, dicerna secara perlahan yang mana dapat mengganggu ritme sirkadian kita, terlebih jika dikonsumsi dekat dengan waktu tidur.

Makanan pedas
Berbaring setelah makan makanan berat yang sarat dengan bumbu rempah dapat mengakibatkan tubuh terasa panas dan perasaan gelisah. Studi menemukan bahwa makan makanan pedas sebelum tidur, tidak hanya mengurangi waktu tidur seseorang, tetapi juga meningkatkan suhu tubuh, yang mengakibatkan kualitas tidur yang buruk.

Kopi tanpa kafein
Jika Anda terbiasa mengkonsumsi kopi setelah makan malam, minumlah kopi yang tanpa kafein. Meskipun begitu, kopi tanpa kafein sebenarnya tetap mengandung cukup kafein yang bisa mengganggu tidur, terutama bagi Anda yang sensitif pada kafein.

Brokoli atau kembang kol
Sayuran memang bagus untuk kesehatan, tapi tidak bila dikonsumsi sebelum tidur. Beberapa sayuran berserat, seperti brokoli dan kembang kol, mengandung tryptophan yang membantu tubuh memproduksi serotonin dan mengatur tidur. Apabila waktu mengkonsumsinya terlalu dekat dengan waktu tidur, sayuran dengan jumlah serat yang tinggi akan lambat dicerna, sehingga akan membuat Anda tetap terjaga karena tubuh (organ pencernaan) sedang bekerja.

Kentang goreng
Percaya atau tidak, makan seporsi kentang goreng dapat mendorong sistem pencernaan Anda bekerja ekstra keras. Belum lagi memberikan efek rasa mulas di perut, yang mana cukup untuk membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Cabai
Kita semua tahu, cabai memiliki citarasa pedas. Apabila dikonsumsi terlalu banyak, terlebih menjelang waktu tidur, bisa membuat perut mulas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro