Angka pada timbangan badan jadi indikator bagi seseorang menentukan obesitas/Istimewa
Health

Asup Gizi Seimbang Cegah Obesitas

Atiqa Hanum
Rabu, 2 November 2016 - 23:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Prinsip untuk memiliki berat badan ideal yakni terbentuk dari asupan yang masuk ke tubuh seimbang dengan aktivitas yang dilakukan akan membuat berat badan seseorang ideal.

Praktisi Gizi Klinik Rita Ramayulis mengungkapkan, ada beberapa strategi untuk mencegah obesitas sehingga mendapat berat badan yang ideal. Strategi pertama adalah kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan menggantinya dengan makanan yang diolah tanpa minyak atau menggunakan sedikit saja minyaknya.

“Strategi kedua adalah mengutamakan memilih protein rendah lemah dan tidak mengonsumsi protein tinggi lemak,” terangnya, Rabu (2/11/2016).

Dia mengatakan, selanjutnya strategi ketiga mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis dengan mengurangi takaran gula sebagai campuran ke dalam makanan maupun minuman. Anda bisa menggantinya dengan membiasakan konsumsi buah sebagai pengganti rasa manis.

“Terakhir, cobalah sediakan selalu sayur dan buah setiap makan utama. Untuk pengolahan sayur sendiri tidak menggunakan banyak minyak dan santan yang kental,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Anda harus mengutamakan memilih buah untuk makan selingan dan dalam keadaan utuh tanpa menambahkan gula apabila ingin dijus.

“Jangan lupa juga untuk selalu berpikir selalu lakukan aktivitas sekecil apapun saat sesudah makan, sesudah mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau gula, bergerak apabila pekerjaan Anda lebih banyak duduk,” tutupnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro