Desain interior jendela/dokumentasi
Fashion

Indonesia Ikut Serta di Pameran Home Decor Eropa

Dika Irawan
Minggu, 12 Februari 2017 - 17:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Indonesia bakal unjuk gigi dalam pameran perabotan dekorasi rumah atau home decor, Ambientedi Frankfurt, Jerman, pada 10-14 Februari 2017.

Ambiente adalah salah satu pameran internasional terbesar di Frankfurt yang menghadirkan inovasi produk pecah belah, peralatan dapur, perlengkapan rumah tangga, mebel hingga macam-macam suvenir serta kerajinan tangan.

Dalam pameran yang mengusung tema Dining, Living and Giving itu tercatat ada sebanyak 4.688 peserta pameran yang berasal dari 81 negara. Para peserta tersebut memamerkan produknya di areal seluas 330.000 meter persegi.

Direktur bagian Living and Giving Ambiente Yvonne Engelmann mengatakan, dalam pameran tersebut pengunjung dapat menemukan produk tren internasional terbaru, ide untuk hadiah yang unik, dan produk dekorasi rumah yang berfokus pada desain yang dapat dipesan di tempat.

Deputi IV bidang Pemasaran Bekraf Josua Puji Mulia Simanjuntak menuturkan lewat pameran tersebut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan mendorong peningkatan ekspor produk kriya nasional.

Keikutsertaan Indonesia pada pameran tersebut akan mengusung tema Handmade and Contemporary Indonesian Design dalam partisipasi kali ini. “Bekraf mendukung penuh pelaku kreatif yang produknya siap masuk ke pasar global agar menjadi market leader dan global brand”, ujar Josua, Sabtu (11/02/2017).

Dia menambahkan, Indonesia juga mendapat kehormatan untuk mengisi country booth yaitu ruang yang mewakili Indonesia menampilkan karya-karya inovatif berbasis budaya lokal yang memiliki kualitas yang siap masuk ke pasar global.

"Dengan memberikan dukungan kepada brand dan desainer Indonesia yang ikut serta dalam country booth ini adalah untuk meningkatkan nation branding yang kedepannya akan meningkatkan daya ekspor produk-produk Indonesia. Ciri khas dari booth Indonesia berfokus kepada citra brand dan talenta desainer.," tuturnya.

Secara keseluruhan ada enam merek yang mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia menampilkan produknya di Ambiente 2017 yaitu Magno (Singgih Kartono), Studio Hiji (Abie Abdillah), Alvin T (Alvin Tjitrowirjo), Lighting for Living (Sono Pamungkas), Kandura Studio (Fauzy Kamal) dan Nuanza Ceramics (Roy Wibisono).

Joshua mengatakan, Bekraf sepenuhnya mendukung para desainer berbakat untuk terus membuktikan bahwa desain handmade Indonesia bisa sekaya identitas budaya yang kontemporer dan relevan.

Menurutnya diawali dengan keikutsertaan dalam Ambiente, Bekraf bersama para pelaku kreatif yang ikut terlibat akan terus menunjukkan sisi kreatif yang menonjol pada produk-produk Indonesia di ajang-ajang pameran desain produk dan kriya bergengsi di Eropa.

Kedepan rencananya Indonesia juga akan berpartisipasi pada pameran Salone del Mobile di Milan, Italia dan Maison et Objet  di Paris, Prancis. Khusus untuk dua acara tersebut, seleksi akan dilaksanakan segera untuk mengumpulkan karya-karya terbaik bangsa untuk dipamerkan di pasar internasional dan membuktikan bahwa

“Selain produk bisnis yang matang, Indonesia memiliki basis ekonomi kreatif yang kuat,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro