Komunitas cinta berkain (facebook)
Fashion

Komunitas Cinta Berkain Tularkan Kebiasaan Berkain Sampai Eropa

Nindya Aldila
Kamis, 9 Maret 2017 - 19:49
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA -- Komunitas Cinta Berkain yang telah berdiri selama tiga tahun terus menghembuskan angin kecintaannya terhadap kain tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara seperti Eropa.

Ketua Komunitas Cinta Berkain (KCB) Sita Hanimastuty mengatakan dalam rangka ulang tahun yang ketiga, KCB telah hadir di beberapa kota seperti Lombok, Bali, Malang, Bandung, Bogor, dan lainnya.

Selain itu, KCB juga telah hadir di Perth Australia dan San Fransisco Amerika Serikat. Adapun untuk selanjutnya, komunitas akan segera terbangun di negara-negara Eropa.

"Harapannya adalah masyarakat Indonesia semakin banyak yang menggunakan kain sehingga membawa kesejahteraan terutama bagi perajin kain," ujarnya, Kamis (9/3/2017).

Menurutnya, budaya berkain justru harus ditekankan pada generasi muda sebagai generasi penerus, mengingat masuknya budaya asing sehingga melupakan jati diri aslinya.

"Apabila kita jalan bersama, maka tidak akan ada kekuasaan apapun yang bisa menguasai dan menghancurkan kita. Kami melakukannya bukan untuk bangsa lain, tapi [cinta berkain] untuk bangsa sendiri," ujarnya.

KCB mengharapkan bahwa wanita Indonesia dapat kembali menggunakan kain Nusantara sebagai busana keseharian mereka. Semoga ini menjadi sumbang karsa KCB untuk turut membantu penguatan jati diri Indonesia.

KCB menyadari bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk terus menjalankan visi dan misi tersebut. Untuk itu, dia kerap mengajak kerja sama pihak pemerintah dan budayawan untuk memperkuat gerakan cinta berkain ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro