Ilustrasi sakit perut Blogdoctoroz.com/
Health

Tips Menghindari Sakit Maag

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 19 April 2017 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kenaikan asam lambung terjadi ketika isi perut Anda naik menuju esofagus dan kerongkongan, kadang menyebabkan radang pada esofagus.

Masalah ini terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah (lower esophageal sphincter atau LES) pada jalan masuk perut terlalu mengendur. Dokter memperkirakan bahwa 10-20% penduduk Amerika mengalami kenaikan asam lambung, dan 65% orang dewasa mengalami heartburn pada saat yang sama, yaitu sensasi terbakar di dalam perut dan dada.

Heartburn adalah gejala paling umum dari kenaikan asam lambung. Gejala lainnya antara lain nyeri dada, muntah, suara serak, dan batuk. Asam lambung jangka panjang dapat menyebabkan cedera pada esofagus dan berkontribusi pada adenokarsinoma (salah satu bentuk kanker).

Banyak faktor yang menyebabkan kemungkinan naiknya asam lambung, seperti obesitas, alkohol, merokok, dan konsumsi kafeina. Kabar baiknya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan mencegah kenaikan asam lambung.

1. Hindari makanan berlemak

Tips Menghindari Sakit Maag

Makanan berlemak sulit untuk dicerna tubuh, artinya makanan tersebut lebih lama tertinggal di dalam perut. Bila makanan memperlambat sistem pencernaan, kemungkinan makanan tersebut akan kembali ke esofagus dan inilah yang disebut naiknya asam lambung. Hindari makanan seperti

  • Produk susu berlemak penuh seperti mentega, keju biasa, krim asam, dan susu murni
  • Lemak binatang seperti minyak atau lemak babi
  • Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, bawang bombai goreng, dan ayam goreng
  • Camilan tinggi lemak yang tidak mengandung banyak nilai gizi seperti keripik kentang, permen, atau es krim

2. Hindari makanan asam

Tips Menghindari Sakit Maag

Asam lambung dapat dibawa oleh makanan asam. Buah-buahan jeruk adalah beberapa dari makanan yang paling asam. Ini tidak berarti Anda harus menghilangkan makanan ini sepenuhnya dari diet, tetapi Anda harus memantau konsumsi makanan seperti

  • Tomat, salsa, saus tomat, jeruk, grapefruit, nanas, lemon, dan limau.
  • Selain itu, cuka adalah asam yang sering digunakan untuk membumbui makanan dan dapat memperparah naiknya asam lambung.

3. Kurangi asupan cokelat

Tips Menghindari Sakit Maag

Jika Anda khawatir dengan kenaikan asam lambung, mungkin Anda perlu mengurangi jumlah cokelat yang Anda makan. Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine, yang akan mengendurkan otot di esofagus
Bila bagian bawah esofagus terbuka, ada kemungkinan signifikan bahwa makanan dari perut akan naik kembali.

4. Kurangi bawang merah, bawang bombai dan bawang putih

Tips Menghindari Sakit Maag

Bawang putih dapat membuat Anda sakit perut dan kembung. Oleh karena itu, bawang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Banyak orang yang sering mengalami naiknya asam lambung juga mendapati bahwa gejala mereka akan lebih buruk ketika mereka makan bawang mentah.

5. Jauhi makanan pedas

Tips Menghindari Sakit Maag

Peneliti memperdebatkan apakah makanan pedas dapat benar-benar menyebabkan kenaikan asam lambung. Tetapi apa pun kondisinya, banyak orang menemukan bahwa makanan pedas dapat membuat mereka sakit perut.
Beberapa contoh makanan pedas antara lain jalapeno, paprika, cabai, dan saus pedas (tabasco, sriracha, dan sebagainya).
Jika Anda rentan mengalami kenaikan asam lambung, Anda perlu menjaga agar perut Anda selalu enak. Artinya Anda harus menghindari makanan apa pun, seperti makanan pedas, yang dapat menyebabkan sakit perut.

6. Kurangi minuman berkarbonasi

Tips Menghindari Sakit Maag

Minuman berkarbonasi penuh dengan gelembung. Jenis minuman ini mungkin terlihat menarik dalam kaleng atau botol, tetapi penting untuk diingat bahwa gelembung tersebut akan terus mendesis di dalam perut Anda.
Karbonasi dapat menyebabkan terbentuknya tekanan di bagian dalam perut. Kondisi ini dapat mendorong isi perut kembali ke esofagus, sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.

7. Makanlah porsi yang lebih kecil

Tips Menghindari Sakit Maag

Bila Anda membatasi diri untuk hanya makan porsi yang lebih kecil, perut akan lebih mudah mencerna apa pun yang Anda masukkan. Perut yang tidak memiliki banyak tekanan yang harus dicerna dengan cepat kemungkinannya tidak akan mendorong makanan tersebut kembali ke esofagus.
Jika Anda masih lapar ketika mengubah porsi makanan menjadi lebih kecil, pertimbangkan untuk menyantap enam porsi makanan yang lebih kecil dalam sehari daripada tiga porsi besar. Pastikan setiap porsi yang Anda makan mengandung sekitar 300 sampai 400 kalori.[11]

8. Makanlah makanan rendah asam

Tips Menghindari Sakit Maag

Cara yang baik untuk mengurangi naiknya asam lambung adalah makan makanan kecil yang terbuat dari makanan rendah lemak. Asam yang Anda konsumsi akan menambahkan asam dalam perut. Beberapa contoh makanan rendah asam adalah

  • Sayuran berdaun hijau
  • Melon
  • Pisang
  • Oatmeal
  • Tahu
  • Adas
  • Peterseli
  • Beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Wikihow
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro