Pailit/Ilustrasi-repro
Relationship

4 Cara Terlepas dari Jeratan Utang

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 19 April 2017 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Utang terasa seperti beban yang menggantung di leher Anda, dan dengan pinjaman pelajar, kredit mobil, dan biaya kesehatan, semuanya menjadi jumlah yang cukup berat.

Banyak orang yang terjebak dan terlilit utang sehingga membuatnya sulit melepaskan diri dari jeratan utang.
Baik itu utang kartu kredit, utang cicilan rumah, cicilan mobil atau cicilan lainnya. Banyak juga mereka yang melepaskan diri dari utang satu, kemudian jatuh ke utang lannya

Mempelajari cara menghadapi pinjaman dan membentuk strategi untuk membayarnya dapat membantu Anda mulai mengelola utang Anda. Keluarlah dari lilitan utang dan kembalilah ke dunia nyata, kemudian belajarlah untuk hidup bebas dari utang.

1. Evaluasi masalah Anda

Bila Anda memiliki utang, Anda tidak bisa menjadi seperti burung unta. Jangan kubur kepala Anda dalam pasir dan menyerah. Secepatnya, sekarang juga, Anda harus tahu berapa banyak utang Anda sehingga Anda bisa menyusun rencana untuk keluar dari jerat utang tersebut dan melanjutkan hidup. Jadilah realistis dan hitung.

Umumnya utang kartu kredit, kredit mobil, cicilan rumah, dan pinjaman pelajar adalah bagian terbesar dari utang berjalan yang dialami sebagian besar orang. Jumlahkan utang-utang ini dan utang lain apa pun yang Anda miliki. Dapatkan angkanya dan hadapi.

2. Prioritaskan utang dengan bunga paling tinggi

Setelah Anda mendapatkan data mentah, penting untuk melihat lebih dalam. Pinjaman mana yang memiliki persentase bunga paling tinggi?
Sebagian alasan mengapa utang susah diselesaikan adalah karena jumlahnya terus bertambah. Bila Anda tidak mencicil secepatnya, Anda akan membayar jauh lebih banyak dalam jangka panjang, hingga sangat sulit untuk keluar dari dasarnya.

3. Buat rencana untuk mencicil utang Anda

Tinjau keuangan Anda secara menyeluruh, kalkulasikan jumlahnya, dan lihat cara pembayaran apa yang paling efektif untuk situasi Anda.
Usahakan mencicil utang yang memiliki bunga paling tinggi, sementara itu lakukan pembayaran minimal untuk utang lainnya. Kadang ini disebut "laddering" utang, dan membantu peminjam merasa lebih aktif dalam mengendalikan utang mereka.

Bila tingkat bunga semua utang Anda hampir sama, lunasi utang dengan jumlah paling rendah. Ini kadang disebut "reverse laddering," yang memungkinkan Anda melihat progres Anda lebih cepat, dan akan membuat Anda merasa lebih baik setelah utang yang lebih kecil terbayar lunas.

4. Bicaralah dengan penasihat keuangan tentang konsolidasi utang Anda

Anda tidak harus menjalani ini sendiri. Dokumen keuangan itu sangat kompleks. Mencoba dan melakukannya sendiri bisa membuat orang frustasi, tapi carilah penasihat keuangan yang bisa Anda percaya dan bicarakan tentang konsolidasi pinjaman ke dalam satu pembayaran setiap bulan yang lebih bisa dikelola, untuk membuatnya lebih mudah dicicil.

Juga ada kemungkinan untuk menurunkan tingkat bunga pinjaman tertentu, atau minta penangguhan untuk periode waktu singkat. Pada beberapa situasi, Anda mungkin bisa menangguhkan pembayaran untuk jangka waktu tertentu, dalam periode di mana Anda tidak akan menambah bunga. Selama masa itu, Anda bisa mencicil secara agresif tanpa membuat utang tumbuh lebih besar, ini merupakan keuntungan serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Wikihow
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro