Kulit sehat/Istimewa
Health

Kurang Protein Ini, Anda Cepat Keriput

JIBI
Senin, 29 Mei 2017 - 04:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kolagen merupakan protein pembangun yang penting bagi tubuh manusia dan sangat penting untuk menjaga elastisitas dan regenerasi kulit serta rambut.

Kolagen diproduksi oleh tubuh manusia sampai usia 20 tahun, setelah itu tingkat kolagen yang dihasilkan akan turun sekitar 1,5 persen setiap tahunnya.

Seiring produksi kolagen yang mulai melambat, struktur sel mulai kehilangan kekuatannya. Akibatnya, kulit mulai menjadi rapuh, kurang elastis dan timbul keriput.

"Kolagen merupakan komponen utama untuk kulit, terutama kulit bagian dalam yang membuatnya fleksibel. Selain kesehatan kulit, kolagen juga sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena sepertiga protein asam amino dalam tubuh manusia sebenarnya berasal dari kolagen,“ jelas dermatolog Indrawati Wijaya di Bijin Nabe Beauty Hot pot Jakarta, 23 Mei 2017.

Dermatolog yang praktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading ini juga menjelaskan pentingnya asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Dan jangan lupakan tambahan asupan kolagen alami.

“Untuk menjaga keseimbangan kolagen dalam tubuh, tambahan asupan kolagen diperlukan, sebaiknya kolagen yang berasal dari bahan alami, karena lebih mudah diserap tubuh,” ujar Indrawati.

Selain faktor usia, kolagen dalam tubuh bisa rusak oleh lingkungan dan pola hidup seperti konsumsi makanan manis secara berlebihan, paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, kebiasaan merokok, autoimun kulit -- penyakit akibat reaksi sistem kekebalan tubuh pada kulit yang melawan jaringan tubuh sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro