Bimbo, salah satu grup musik yang karya-karya lagu religinya bisa diterima umat berbagai agama/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Musik

Ini Siasat Agar Lagu Religi Tetap Diputar Meski Ramadan Berlalu

Dika Irawan
Senin, 29 Mei 2017 - 20:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada anggapan lagu-lagu religi sering diputar atau laris selama Ramadan, tetapi begitu bulan suci tersebut berakhir, maka lagu-lagu religi pun menepi.

Pengamat musik Bens Leo mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya musisi merilis lagu-lagu religi yang memiliki pesan universal. Maksudnya, lagu itu dapat diterima oleh semua kalangan tanpa memandang agama yang mereka anut.

“Sebetulnya lagu-lagu religi ada yang memiliki pesan universal seperti lagu Tuhan karya Bimbo,” ujarnya kepada Bisnis pada Senin (29/5/2017).

Menurut Bens, lagu Tuhan sejak diciptakan telah diaransemen oleh berbagai musisi dari beragam latar belakang. Hasilnya cukup sukses menarik perhatian para penikmat musik Tanah Air. Menurut dia, hal itu disebabkan lagu Tuhan memiliki pesan yang umum.

“Memang seharusnya musisi-musisi menggarap lagu-lagu religi yang bersifat universial diterima oleh semua kalangan,” ujarnya.

Hampir tiap Ramadan, musisi-musisi Indonesia berbondong-bondong merilis album religi. Sebut saja Gigi dengan album Setia Bersama Menyayangi & Mencintai dan Fatin Shidqia Lubis dengan album single religius bertajuk Ketika Tangan dan Kaki Berkata.

Bagi Bens, kebiasaan musisi Indonesia merilis album religi merupakan terobosan yang diperlukan di industri musik Tanah Air agar lebih berwarna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro