Ilustrasi/Hereandnow
Health

Konsumsi Alkohol Saat Remaja, Anda Bisa Mati Muda

Nindya Aldila
Selasa, 13 Juni 2017 - 16:16
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA – Penelitian di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa remaja di bawah umur 15 tahun yang sering mengonsumsi alkohol berisiko kematian dini.

Sekitar 15.000 orang dewasa menjadi responden dalam penelitian ini. Para peneliti mengikuti setiap catatan kesehatan responden dalam 30 tahun terakhir.

Hasilnya, responden yang mengkonsumsi alkohol sebelum 15 tahun memiliki risiko 20% lebih tinggi terhadap kematian dini.

Ketua peneliti kesehatan University of Florida Hui Hu mengatakan mengkonsumsi alkohol terlalu cepat memiliki asosiasi dengan penyimpangan perilaku mengkonsumsi alkohol sehingga berdampak pada kemungkinan kematian dini.

Studi tersebut menyebutkan bahwa kecanduan bukan menjadi satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap kematian dini bagi remaja yang suka minum.

Pada studi lain yang mirip, juga menunjukkan hal yang sama. Dalam sesi wawancara yang dilakukan sejak awal 1980 terkait perilaku konsumsi alkohol, kebanyakan partisipan berumur 18-44 tahun.

Dari total partisipan yang mencapai 9.089, 61% telah mengonsumsi alkohol pada usia di atas 15 tahun, sekitar 13% minum alkohol di bawah usia 15 tahun.

“Sekitar 37% responden yang minum alkohol di bawah umur 15 tahun telah didiagnosis mengalami gangguan konsumsi alkohol. Sebanyak 11% mengalami ketergantungan obat-obatan dan alkohol. Pada akhir masa penelitian, sekitar 26% responden yang minum alkohol sebelum 15 tahun meninggal, sementara 23% responden yang minum alkohol setelah 15 tahun meninggal,” kata Hu.

Peneliti kesehatan masyarakat University of California Michael Criqu mengatakan, kematian pada usia muda juga bisa disebabkan oleh efek genetik dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro