Minumlah Air Putih Sebelum Ngopi dan Ngeteh. Ini Alasannya

Dipercaya bahwa setidaknya 70% populasi orang dewasa dunia mengkonsumsi minuman seperti teh dan kopi setiap hari.
Mia Chitra Dinisari | 29 Juni 2017 09:36 WIB
Ilustrasi - Codyapp

Bisnis.com, JAKARTA - Dipercaya bahwa setidaknya 70% populasi orang dewasa dunia mengkonsumsi minuman seperti teh dan kopi setiap hari.

Jadi, kemungkinan besar Anda juga bisa menjadi salah satu dari mereka, bukan? Nah, bagi kebanyakan kita, minum kopi atau teh, sudah menjadi ritual pagi hari. Kopi dan teh adalah minuman yang bisa memberi kita energi instan dan membuat kita merasa lebih segar.

Jadi, banyak orang mengonsumsi minuman ini di pagi hari sebelum atau sesudah sarapan pagi. Beberapa orang mengonsumsi kopi atau teh di malam hari juga, saat mereka merasa lesu atau hanya tidak bersemangat saat bekerja.

Sekarang, kita mungkin sudah membaca dari banyak sumber bahwa kopi dan teh pun datang dengan banyak pro dan kontra. Sementara beberapa sumber mengatakan bahwa minum kopi atau teh secara teratur dapat membahayakan kesehatan, beberapa sumber lain menyatakan bahwa kopi dan teh keduanya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Misalnya, dikatakan kopi bisa memberi Anda keasaman, tapi bisa juga meningkatkan ingatan Anda. Teh bisa membantu mencegah kanker, tapi bisa juga menyebabkan pusing dan mulas! Jadi, aman untuk mengatakan bahwa meskipun kedua minuman umum ini sehat sampai batas tertentu, kelebihannya bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Sekarang, pikirkan terakhir kali Anda minum secangkir teh atau kopi panas. Apakah Anda mengkonsumsi air putih sebelum melakukannya? Jawabannya adalah "tidak" bagi kebanyakan kita, karena, biasanya kita tidak berpikir bahwa air perlu dikonsumsi sebelum meminum minuman ini. Namun, sebuah studi penelitian baru mengatakan bahwa seseorang harus selalu mengkonsumsi air, sebelum minum teh atau kopi. Baca terus untuk mengetahui mengapa!

Untuk diketahui mengapa kita harus minum setidaknya segelas air putih, sebelum mengkonsumsi teh atau kopi, kita harus terlebih dahulu mencoba mempelajari komponen teh dan kopi. Teh dan kopi adalah minuman yang terbuat dari bahan alami seperti daun teh dan biji kopi. Teh dan kopi mengandung senyawa yang dikenal sebagai kafein, meski kopi mengandung lebih banyak kafein dibandingkan teh.

Kafein adalah senyawa yang bisa mendongkrak energi Anda, membuat Anda lebih aktif dan kurang lesu. Kini, mengkonsumsi terlalu banyak kafein juga bisa memiliki efek kesehatan yang merugikan, termasuk kecemasan dan penyakit jantung. Para ahli mengatakan bahwa minum segelas air, sebelum mengkonsumsi minuman berkafein ini dapat membantu mencairkan kandungan kafein yang terkonsentrasi dan meminimalkan efek berbahayanya.

Selain itu, kopi memiliki tingkat pH 5 dan teh memiliki tingkat pH 6; Nilai pH zat apapun menunjukkan tingkat asamnya. Jadi, teh dan kopi jatuh di bawah kisaran asam. Bila Anda mengkonsumsi minuman dengan tingkat pH tinggi (seperti teh dan kopi), ini membuat acid reflux di perut Anda, menyebabkan penyakit lain seperti mulas, kerusakan pada dinding perut, borok, kanker usus besar, dan lain-lain.

Saat Anda meminum segelas Air sebelum teh atau kopi, ini bisa membantu meminimalkan aktivitas asam yang terjadi di perut Anda, sehingga membuat Anda aman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
air putih, air putih

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top