Nyeri punggung/boldsky.com
Fashion

Kurangi Nyeri Punggung Kronis dengan Aktivitas Fisik

Dika Irawan
Sabtu, 1 Juli 2017 - 15:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah penelitian terbaru memperlihatkan menjalankan kegiatan aktivitas fisik secara teratur seperti berjalan hingga intens berolahraga dapat mengurangi risiko sakit punggung kronis hingga 16 %.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (1/7/2017), untuk membuktikan hal tersebut para peninjau menganalisis data dari 36 penelitian yang diikuti hampir 160.000 orang dari waktu ke waktu. Orang-orang tersebut tidak mengalami sakit punggung sejak awal.

"Tinjauan sistematis terhadap uji klinis menunjukkan bahwa olahraga mengurangi intensitas nyeri punggung bawah dan kekambuhannya. Selain itu, olahraga atau aktivitas waktu senggang lainnya juga melindungi terhadap pengembangan nyeri punggung bawah yang kronis," kata penulis utama Rhaman Shiri, peneliti di Institut Kesehatan Kerja Finlandia di Helsinki kepada Reuters Health lewat email, Sabtu (1/7/2017).

Untuk menstandarisasi definisi dari berbagai penelitian ini, Shiri dan rekannya menghitung upaya fisik yang tidak terkait dengan pekerjaan termasuk berjalan dan menaiki tangga sebagai aktivitas fisik selain olah raga. Menurut mereka orang-orang dianggap aktif jika mereka melakukan aktivitas fisik semacam itu setidaknya satu atau dua kali seminggu selama 30 sampai 60 menit.

Para periset menemukan bahwa untuk orang yang sedang atau sangat aktif, risiko pengembangan nyeri punggung bawah kronis adalah 14 % dan 16 %. Hal itu lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang berada dalam kategori paling tidak aktif.

Nyeri punggung bawah kronis didefinisikan sebagai nyeri yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro