Gasing/Antara
Fashion

Indonesia Bawa 600 Gasing dari 34 Provinsi ke London

Dika Irawan
Jumat, 14 Juli 2017 - 22:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dikenal memiliki banyak beragam gasing yang unik dari berbagai daerah. Rencananya sebanyak 600 gasing akan ditampilkan selama ajang Indonesian Weekend di London, Inggris. Ratusan gasing tersebut terdiri atas 40 jenis yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Nadjamuddin Ramly menyampaikan, gasing merupakan permainan tradisional primadona di Indonesian Weekend. Cara bermainnya yang unik, yakni lilit dan putar, cukup menarik bagi pengunjung.

“Orang Eropa heran melihat permainan gasing, bisa dililit dan berputar dengan cepat,” ujarnya seperti dikutip dari situs kebudayaan.kemdikbud.go.id, Jumat (14/7/2017).

Terkait hal ini Endi Aras, pemerhati dan pelestari permainan tradisional memboyong ratusan koleksi gasingnya untuk ditampikan di Indonesian Weekend. Agar suasana makin menarik, bersama timnya Endi memberikan atraksi gasing khas Jakarta dan Batam.

“Kalau untuk atraksi hanya gasing dari Jakarta dan Batam saja. Keduanya adalah gasing-gasing yang sudah terbiasa diatraksikan, yang lain nanti takutnya akan lepas dan kena orang. Sebab gasing-gasing itu ragam bentuk dan ukuran ada yang kecil dan besar,” jelas.

Pria yang juga kolektor gasing sejak 2005 ini menilai, hadirnya gasing di festival bersengsi ini sebagai salah satu cara melestarikan permainan tradisional, sekaligus memperkaya pengetahuan bahwa gasing Indonesia ragam bentuk dan ukuran.

“Karena tidak banyak orang yang mau main gasing, sekarang banyaknya main gadget. Kalaupun ada toh para pemain gasing kita sudah bekerja keluar kota. Dan uniknya lagi, di setiap provinsi atau kabupaten gasing kita berbeda-beda. Ada bentuk yang bulat, lonjong, lebar dan sebagainya. Sedangkan di negara lain hanya ada model satu gasing saja,” tegasnya.

Untuk diketahui Indonesian Weekend merupakan acara promosi terpadu Indonesia yang mengangkat destinasi wisata, budaya, kuliner, fashion dan musik. Acara ini akan berlangsung pada 22 dan 23 Juli 2017 di Potters Fields Park, London, Inggris. Khusus permainan tradisional, ada pula egrang, gundu, congkak dan permainan lainnya yang dapat dieksplor pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro