Pengobatan Alergi Kacang Berlangsung Hingga Empat Tahun

Sebuah studi baru telah menemukan bahwa dengan memberikan perlakuan oral untuk alergi kacang tanah masih efektif empat tahun setelah diberikan.
Anitana Widya Puspa | 19 Agustus 2017 16:59 WIB
Kacang Mete - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah studi baru telah menemukan bahwa dengan memberikan perlakuan oral untuk alergi kacang tanah masih efektif empat tahun setelah diberikan.

Seperti yang dikutip dari BBC, dalam penelitian itu seorang anak diberi probiotik, dengan protein kacang tanah, setiap hari selama 18 bulan.

Saat diuji satu bulan kemudian, 80% bisa mentolerir kacang tanpa gejala alergi dan setelah empat tahun, 70% di antaranya masih bisa makan kacang tanpa menderita efek samping.

Alergi makanan telah meningkat secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir, dengan alergi kacang salah satu yang paling mematikan.

Peneliti utama Prof Mimi Tang, dari Murdoch Childrens Research Institute di Melbourne, mengatakan setengah dari anak-anak tersebut mengkonsumsi kacang secara teratur sementara yang lainnya hanya jarang memakannya.

"Pentingnya temuan ini adalah bahwa anak-anak ini dapat makan kacang seperti anak-anak yang tidak memiliki alergi kacang dan tetap mempertahankan keadaan toleran mereka, terlindungi dari reaksi terhadap kacang tanah," katanya.

Prof Tang mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya pengobatan alergi kacang telah terbukti efektif selama ini.

Probiotik yang digunakan disebut Lactobacillus rhamnosus, yang telah dikaitkan dengan pencegahan gejala alergi tertentu.

Tag : kacang tanah, Alergi
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top