Ilustrasi/antarajatim.com
Health

Ini Manfaat Imunisasi Measles Rubella. Orang Tua Jangan Ragu

Rio Sandy Pradana
Kamis, 24 Agustus 2017 - 11:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Imunisasi MR atau Mesles Rubella sempat diwarnai isu yang bisa menimbulkan keraguan para orang tua.

Terkait itu, Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat, khususnya yang memiliki anak kecil, agar tidak ragu menyertakan anaknya untuk mengikuti imunisasi Measles Rubela atau MR.

“Kita sehatkan dan lindungi anak-anak kita dari berbagai penyakit, termasuk Campak dan Rubella,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Oscar Primadi melalui siaran pers, Kamis (24/8/2017).

Menurutnya sejauh ini tingkat partisipasi masyarakat untuk mensukseskan kampanye imunisasi MR cukup tinggi, sudah lebih dari 60%. Artinya, masih on the track.

Ini Manfaat Imunisasi Measles Rubella. Orang Tua Jangan Ragu

Ilustrasi/puskesmas.bantulkab.go.id

Intinya, lanjut Oscar, program imunisasi serentak ini, tidak hanya untuk memberikan support kuratif saja, tetapi sekali preventif dan promotof juga harus ditingkatkan.

“Di beberapa negara seperti Thailand sudah terbukti, bahwa kalau pencegahan ditingkatkan kuratif akan berkurang. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan akan fokus kepada preventif dengan menambah jumlah jenis vaksin,” terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes itu.

Oscar menolak anggapan soal banyaknya program imunisasi di Indonesia. Ia mengingatkan, negara tetangga kita Malaysia imunisasi dasarnya sudah 14 jenis, sementara kita masih enam. Dengan ditambah tiga vaksin baru, Oscar bersyukur berarti program pencegahan penyakit kini semakin baik. 

Menurut laman searo.who.intpada 2011, WHO merekomendasikan agar semua negara yang belum mengintroduksikan vaksin rubella dan telah menggunakan 2 (dua) dosis vaksin campak dalam program imunisasi rutin untuk memasukkan vaksin rubella dalam program imunisasi rutin.

Sementara itu, Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pada tanggal 11 Januari 2016 mengenai introduksi, agar mengintegrasikan vaksin Measles Rubella ke dalam program imunisasi nasional untuk menurunkan angka kejadian penyakit rubella dan Congenital Rubella Syndrome.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro