Pameran tunggal Arif Datoem/Galerinasional.or.id
Show

Arif Datoem Tampilkan Koleksi LuminaSense Envisage di Pameran Tunggal

Dika Irawan
Kamis, 24 Agustus 2017 - 09:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kini tengah berlangsung Pameran Tunggal Fotografi Seni Arif Datoem bertajuk LuminaSense Envisage hingga 31 Agustus mendatang di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Dalam pameran itu dihadirkan 20 fotografi karya Arif. Sebagian foto-foto tersebut menyajikan perjalana seniman ke beberapa daerah. Ada berbagai figur yang tampak pada foto-foto tersebut.

Kurator pameran Sujud Dartanto mengatakan, Arif Datoem dapat dikatakan sebagai salah satu seniman foto senior di Indonesia yang intens melakukan penelitian dan praktik kekaryaan melalui media foto. Sebab itu pameran ini penting kiranya untuk disimak dalam kaitannya dengan praktik penciptaan karya fotografi seni terkini dalam sejarah fotografi seni di Indonesia, bahkan dunia.

Sudjud mengatakan bahwa melalui pameran ini kita bisa melihat bagaimana Arif Datoem juga mengajak pengunjung untuk melihat kehidupan tradisi yang masih hidup pada masyarakat suku Baduy dan Jawa melalui pendekatan intuisi digital.

“Karya fotografi seni Arif Datoem dapat dilihat sebagai fakta bahwa fotografi seni itu ada dan namanya menjadi bagian penting dari sejarah fotografi seni, Arif dapat dikatakan sebagai salah satu fotografer seni senior sebetulnya di Indonesia dan Asia Tenggara," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/8/2017).

Pameran ini mengetengahkan tema kurasi: ‘LuminaSense’, yang memiliki arti simbolis sebagai bagian dari alam semesta, bagian dari kehidupan itu sendiri dimana indera sebagai wahana persepsi memainkan peran penting dalam membuka dan memahami fenomena universal (dalam biologi Lumen berasal dari bahasa Latin lmen, yang berarti pembukaan; plural lumina).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro