Ilustrasi/boldsky.com
Health

SERANGAN JANTUNG : Pada Wanita dan Pria Gejalanya Berbeda. Ini Bentuknya

Newswire
Kamis, 14 September 2017 - 17:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala serangan jantung yang dialami pria dan wanita ternyata berbeda.

Dokter Spesialis Kardiovaskular Jetty RH Sedyawan mengatakan gejala serangan jantung yang dirasakan perempuan dan laki-laki berbeda, gejala yang dirasakan perempuan lebih ringan dibandingkan dengan pria.

"Gejala serangan jantung berbeda-beda, perempuan biasanya merasa kelelahan apalagi kalau sudah menderita diabetes, saraf-sarafnya sudah rusak maka dia tidak terlalu dapat merasakan sakit," kata Jetty di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Sementara itu serangan jantung yang dirasakan pria lebih spesifik seperti nyeri di dada yang menjalar ke leher, ke tangan kiri dan keluar keringat dingin.

Pertolongan pertama yang diberikan pada serangan jantung adalah memeriksa nadi, jika nadi melambat maka kita dapat menyuruh penderita untuk batuk agar denyut nadinya meningkat.

Jika denyut nadinya cepat maka penderita harus tenang kemudian memberinya obat jika penderita memilikinya, atau jika tidak memiliki obat maka segera dibawa ke rumah sakit.

"Enam jam pertama adalah waktu emas untuk menolong penderita serangan jantung, mereka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan," kata dia.

Sementara itu jika penderita mengalami henti jantung mendadak, maka perlu memeriksa apakah penderita masih bernapas dan memiliki denyut jantung. Jika tidak ada maka lakukan komresi dada dengan kecepatan 100 kompresi dada per menit sebanyak 30 kali.

Saat melakukan kompresi dada, korban harus berada di permukaan yang datar dan keras, tidak boleh dilakukan di atas tempat tidur.

Menurut data Kementerian Kesehatan pada 2014 ada 10 ribu orang per tahun yang mengalami henti jantung mendadak. Data yang sama menunjukkan bahwa frekuensi henti jantung mendadak meningkat seiring dengan peningkatan jantung koroner dan stroke.

Sementara itu data PERKI pada 2016 menemukan angka kejadian henti jantung mendadak bekisar antara 300 ribu hingga 350 ribu insiden setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro