Enyahkan Ketombe dan Rambut Berminyak dengan 3 Langkah Berikut

Ketombe, gatal dan rambut rontok adalah masalah utama pada rambut yang sering menjadi keluhan hampir semua orang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 September 2017  |  11:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ketombe, gatal dan rambut rontok adalah masalah utama pada rambut yang sering menjadi keluhan hampir semua orang.

Pada dasarnya, masalah kulit kepala itu muncul karena kurangnya perawatan yang intensif pada rambut Anda, sehingga partikel asing bisa dengan mudah masuk dan membuat rambut mudah kotor, dan berketombe, terutama pada kulit kepala yang cenderung berminyak.

Masalah ini juga umumnya banyak terjadi pada perempuan berhijab di Indonesia. Alasannya, karena rata-rata lama waktu penggunaan hijab di Indonesia adalah 8,5 jam per hari, melebihi rata-rata waktu di Saudi Arabia yang hanya 4,3 jam, menurut Veiled Women Study.

Feranti Susilowati, Group Product Manager Matrix mengatakan, pada dasarnya ketombe terdiri dari tiga macam yakni yang normal yang umumnya ada pada kulit kepala semua orang dimana membutuhkan waktu 1-2 kali perawatan untuk menghilangkannya.

Kemudian, ketombe medium dimana jumlah ketombe cukup banyak namun perawatan bisa dilakukan dengan treatment sebanyak 2-3 kali. Terakhir adalah ketombe akut yang umumnya sudah menempel di kulit kepala, dan proses perawatannya tergantung dari tingkat keparahannya.

Rambut sebelum perawatan

Dia mengatakan sebenarnya ada tiga langkah utama yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit kepala tetap sehat seperti yang ditawarkan paket perawatan Cool Therapy +++ dari Matrix

1. Scrub
Mulai perawatan kulit kepala dengan scalppure scrub untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe, sel kulit mati dan bau tidak sedap. Pada tahapan ini, proses scrubbing sama dengan scrub pada tubuh dimana kulit kepala digosok perlahan dengan krim scrub yang bisa mengangkat kotoran dan ketombe yang menempel pada kulit. Tahapan ini, dianjurkan dilakukan di salon, oleh profesional agar prosesnya lebih maksimal.

2. Masker
Kemudian, setelah scrubbing dan pembilasan, gunakan masker rambut untuk mengurangi masalah ketombe, sebum berlebih, bau gatal dan lepek. Atau juga masker berfungsi untuk melembabkan batang rambut dan menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kepala. Dalam tahapan ini, seperti masker rambut pada umumnya dimana kepala akan dipijat agar krim bisa lebih meresap dan dilanjutkan dengan penggunaan handung hangat.

3. Aminexil
Serum aminexil mampu mengurangi kerontokan dan membantu pertumbuhan rambut baru. Agar serum ini bisa lebih menyerap bisa digunakan massager hair yang juga bisa membantu proses peredaran darah lebih lancar. Sama seperti pijat dengan tangan yang dilakukan terapis di salon.

Kondisi rambut usai perawatan

Usai menjalani rangkaian perawatan tersebut, akan terlihat sangat jelas perbedaan kondisi rambut Anda. Misalnya semula rambut Anda dipenuhi oleh minyak dan ketombe, maka pasca perawatan akan berkurang dan kondisi kulit kepala juga lebih bersih dan sehat.

Selain itu, perawatan ini juga membuat kepala Anda menjadi lebih segar dan ringan.

Setelah menjalani perawatan lengkap itu, sebaiknya dilanjutkan dengan perawatan di rumah dengan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Dan yang terpenting jangan terlalu sering berganti merk shampo yang bisa membuat masalah kulit kepala Anda muncul lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perawatan rambut

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top