Ilustrasi/91engagement
Relationship

Orang Humoris Selalu Sukses di Karir? Ini Buktinya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Oktober 2017 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada berbagai jenis pegawai di kantor. Sebagian orang terlihat sangat serius, namun ada pula yang suka bercanda dan menjadikan dirinya seperti badut. Anda akan menyukai rekan kerja yang lucu.

Dia adalah orang yang bisa membuat perasaaan semua orang gembira di saat hari yang sulit dan berat. Ternyata sifat humor bisa berdampak pada karier seseorang lebih besar daripada yang dibayangkan.

Jadi, apakah Anda percaya bahwa humor akan berdampak baik untuk karier? Ya, memang humor bukanlah faktor utama untuk kemajuan karier. Tapi, ada banyak alasan mengapa selera humor Anda bisa menjadi kunci dalam kesuksesan saat bekerja. Rekan kerja akan menyukai orang yang menyenangkan seperti Anda, yang pada gilirannya akan membuat mereka mnyukai pekerjaannya sendiri. Pegawai humoris akan membuat lingkungan kantor menjadi tempat yang lebih menyenangkan dan lebih menarik untuk bekerja.

Berikut alasan mengapa humor bisa jadi kunci sukses dalam karier seperti disarikan dari Career Addict seperti dikutip Qerja.com

Humor bisa meningkatkan kreativitas

Humor adalah bagian terpenting dari proses brainstorming. Humor adalah cara yang baik untuk menciptakan lingkungan kantor yang aman, ramah, dan hangat sehingga membuat setiap orang merasa nyaman untuk menyampaikan pendapat, menawarkan gagasan dan saran. Saat Anda tertawa, secara otomatis pikiran akan lebih kreatif dibandingkan saat terjebak dalam situasi serius.

Humor membawa suasana santai yang akan membebaskan pikiran sehingga menjadi lebih terbuka. Dan untuk sesi brainstorming yang sukses, Anda memerlukan humor untuk membuat karyawan untuk merasa terlibat dan memiliki andil dalam rapat dan diskusi. Sebaliknya, suasana serius akan membuat peserta rapat cenderung bosan, tidak peduli, dan mengurangi perhatian. Pada akhirnya, Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada produktivitas.

Humor membuat Anda lebih kuat

Jika Anda bisa tertawa dalam menghadapi situasi apapun, artinya Anda adalah orang yang kuat. Anda akan mengabaikan perasaan kecewa ketika orang lain yang mendapat promosi, dan bukan Anda. Humor bisa membantu Anda melewati enam bulan penuh tekanan karena tak kunjung dapat pekerjaan. Anda melihat semesta sedang bercanda dan tersenyum pada Anda. Hal itu akan membuat Anda lebih kuat dan berusaha lebih keras.

Humor membuat Anda tenang saat menghadapi krisis

Banyak hal terjadi di kantor dari hari ke hari, mulai dengan masalah kecil hingga problem besar, sampai krisis berkepanjangan. Jika Anda dapat tertawa dan tetap mempertahankan selera humor, maka Anda bisa tetap tenang di bawah tekanan. Ketika orang lain menjerit dan panik menghadapi kesulitan, ketenangan itu akan membuat Anda selangkah lebih maju dalam proses pemecahan masalah. Pada akhirnya, atasan akan melihat Anda sebagai karyawan yang berharga dan kuat di bawah tekanan.

Humor membuat Anda mendapat dukungan rekan kerja

Jika bisa membuat orang lain merasa nyaman, Anda akan sukses luar biasa di kantor. Hal ini hampir serupa dengan bentuk manipulasi emosional di kantor. Ketika Anda bisa membuat rekan kerja tertawa, mereka akan bersedia mendengarkan gagasan Anda, dan menawarkan bantuan ketika Anda membutuhkannya. Ketika bisa membuat rekan kerja dan klien potensial merasa bahagia, maka Anda akan tampak menawan. Mereka mau meluangkan waktu lebih banyak untuk berbicara, sehingga akhirnya Anda mendapat kesepakatan yang terbaik dengan klien. Hal ini bisa membantu mengangkat karier Anda.

Humor akan membuat Anda merasa bahagia saat bekerja

Jika menyukai pekerjaan, maka Anda akan merasa bahagia setiap hari. Semua orang menginginkan itu, bukan? Sebaliknya, kalau Anda mengerutkan kening, khawatir, dan penuh kegelisahan setiap hari, maka Anda akan merasa sengsara dan akhirnya bisa membenci. Anda akan mengasosiasikan pekerjaan dengan perasaan tidak bahagia dan mulai takut datang ke kantor pada hari Senin pagi. Inilah pentingnya humor dalam diri kita. Anda perlu memasukkan kesenangan dalam pekerjaan. Jadi jangan pernah berhenti tertawa dan Anda akan mengalami kegembiraan sepanjang hari.

Humor membuat Anda tetap sehat

Orang yang lebih sehat adalah karyawan yang lebih baik. Memiliki rasa humor membuat Anda sehat secara fisik, mental dan emosional. Anda mungkin berpikir tertawa beberapa kali dalam sehari tidak banyak membantu. Padahal, perasaaan bahagia itu membuat sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Hal ini juga meningkatkan mood berkat endorfin yang dilepaskan saat tertawa. Sebaliknya, stres adalah pembunuh produktivitas dan justru membuat perjalanan karier tersendat karena Anda sakit. Jadi dengan bersuka cita, Anda akan mengalami kemajuan dalam karier.

Humor memerkuat ikatan dengan rekan kerja

Bayangkan ketika Anda terpaksa bekerja lembur bersama beberapa orng di kantor. Padahal Anda ingin sekali menyelesaikan pekerjaan jam 5 sore dan bertemu dengan teman atau keluarga. Lalu, apa yang harus Anda lakukan saat terjebak hingga jam 7 malam bersama beberapa rekan kerja di kantor? Apakah kalian akan saling mendiamkan satu sama lain dan sibuk pada pekerjaan masing-masing?

Anda bisa bercanda sejenak untuk menertawakan situasi ini bersama. Mungkin bercanda di tengah pekerjaa akan membuat Anda pulang semakin malam. Tapi bayangkan perasaan yang akan teringat oleh Anda dan rekan kerja pada hari-hari berikutnya. Bisa jadi kisah ini akan menjadi kenangan baik dan membuat Anda dan rekan kerja merasa lebih dekat satu sama lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro