Lelang Gambar Langka Tintin Terjual US$500.000 di Prancis

Sebuah gambar Tintin dan anjingnya Snowy terjual dalam sebuah pelelangan di Perancis. Dilansir dari BBC, Gambar dengan tinta India dari 1939 tersebut terjual dengan harga sekitar US$500.000. Gambar langka tersebut merupakan karya langsung sang pencipta tokoh dan cerita Tintin, Herge.
Ilman A. Sudarwan | 21 November 2017 00:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah gambar Tintin dan anjingnya Snowy terjual dalam sebuah pelelangan di Perancis. Dilansir dari BBC, Gambar dengan tinta India dari 1939 tersebut terjual dengan harga sekitar US$500.000.

Gambar langka tersebut merupakan karya langsung sang pencipta tokoh dan cerita Tintin, Herge.

Selain gambar tersebut, ada pula karya lain yang laku terjual dalam pelelangan karya-karya Herge di Paris. Salah satunya adalah gambar komik strip orisinil dari album komik King Ottokar's Sceptre. Komik strip tersebut laku terjual dengan harga US$350.000.

Tak hanya karya dalam bentuk komik maupun gambar, karya lain berupa buku, dan sketsa juga turut dilelang di ibu kota Negeri Anggur tersebut.

Tetapi tidak semua karya yang dilelang berhasil menemukan pembeli. Kopian Tintin Adventures Destination Moon yang ditandatangani oleh astronot Amerika Serikat adalah salah satu karya yang gagal terjual.

Tintin adalah salah satu buku komik paling terkenal sepanjang masa. Cerita petualangan sang jurnalis muda bersama anjingnya telah dialihbahasakan ke dalam lebih dari 90 bahasa.

Setidaknya 200 juta kopi cerita tintin telah terjual sepanjang masa di seluruh dunia. Karakter Tintin masih sangat populer bahkan sampai saat ini.

Tahun lalu, dalam sebuah pelelangan lain di Perancis, komik strip dari buku Tintin Book Explores on the Moon terjual seharga US$1,64 juta.

Di tahun yang sama, gambar langka Tintin in Shanghai dari buku The Blue Lotus terjual seharga US$1,2 juta dalam sebuah pelelangan di Hongkong.

Karakter Tintin sendiri dibuat pertama kali pada 1929, dan diperkenalkan kepada publik melalui sebuah suplemen mingguan untuk remaja dari koran Belgia bernama Le Vingtième Siècle. Suplemennya sendiri bertajuk Le Petit Vingtième.

Pada 2011, cerita Tintin diangkat ke layar lebar oleh produser Hollywood. Di bawah komando sutradara kondang Steven Spielberg, film berjudul "The Adventure of Tintin" berhasil meraup keuntungan kotor sebesar US$373 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
film, komik

Sumber : BBC

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top