Ini Keistimewaan Undangan ‘Haroan Boru’ Kahiyang Jokowi

Menjelang puncak pesta pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution di Medan pada 24-26 November 2017, undangan bagi para tamu sudah tersebar. Yang menarik terdapat dua jenis undangan, salah satunya berbahasa Mandailing, suku asli Bobby.
JIBI | 23 November 2017 06:51 WIB
Undangan pesta 'haroan biru' Kahiyang Jokowi berbahasa Mandailing - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Menjelang puncak pesta pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution di Medan pada 24-26 November 2017, undangan bagi para tamu sudah tersebar. Yang menarik terdapat dua jenis undangan, salah satunya berbahasa Mandailing, suku asli Bobby.

Undangan berbahasa Mandailing dikhususkan untuk acara adat tanggal 24 dan 25 November 2017.

"Untuk undangan yang hari Jumat dan Sabtu, itu semua redaksinya sangat spesial, karena pakai bahasa Mandailing", ujar Oky, pemilik Inti Grafika, tempat percetakan undangan Kahiyang-Bobby, Rabu (22/11/2017).

Oky berujar penggunaan bahasa daerah dalam undangan adat merupakan permintaan khusus dari keluarga. Keluarga, kata Oky, ingin menampilkan unsur tradisional dalam undangan. Isi undangan berbahasa daerah dikelilingi dengan motif ulos.

Motif ulos yang digunakan pun khusus. Karena motifnya sesuai dengan motif ulos milik ayah Bobby yang sudah meninggal. Oky mengaku keluarga Bobby membawa sendiri ulos milik almarhum Erwin Nasution ketempatnya.

"Setelah dibawa ke sini, ulos tersebut di-capture, difoto dengan resolusi tinggal, baru didesain menjadi konsep dasar undangan," kata Oky.

Selain dihalaman isi undangan, motif ulos juga memenuhi cover dan amplop undangan dengan perpaduan warna hitam. Di tengah-tengah hiasan ulos terdapat gambar bulang (topi). Cover undangan sendiri berjenis hard cover/kertas karton yang dilapisi hot foil emas dibagian depan. Sementara tulisan "Bobby & Kahiyang" dicetak timbul dan berwarna emas.

Menurut Oky permintaan mengenai dimasukkannya ulos milik pribadi adalah yang pertama baginya.

"Kalau yang mesan motif ulos sebenarnya sudah biasa. Tapi kalau menggunakan motif ulos pribadi, ini baru pertama kali,” katanya.

Sedangkan undangan nasional untuk tanggal 26 November, Oky mengatakan dimasukkan kedalam amplop plastik mika, dilapisi kain beludru dengan corak kotak dan diikat dengan motif ulos. Pemilihan warna merah karena identik dengan warna khas suku Mandailing.

Di bagian dalam, selain acara pada 26 November, juga terdapat waktu dan tempat acara akad yang dilaksanakan di Solo pada 8 November lalu. Di halaman terakhir terdapat denah lokasi rumah orang tua Bobby sebagai lokasi pesta.

Semua tulisan di dalam undangan berwarna merah marun, kecuali nama kedua pengantin yang dibuat dengan warna emas. Pada undangan, keluarga juga meminta untuk dilengkapi dengan kartu kehadiran.

"Jadi bagi tamu yang berhadir, harus membawa undangan dan kartu ini. Masing-masing hari ada kartu kehadirannya, yang juga bermotif ulos", ujar Oky.

Prosesi pesta pernikahan Kahiyang Ayu -Bobby dilaksanakan di Komplek Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah (BHR-Tasbi), Medan. Tidak kurang dari 2.500 tamu diperkirakan bakal hadir.

Sumber : Tempo

Tag : jokowi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top