Jokowi Disambut Tarian Tortor Saat Prosesi Adat Mandailing

Tarian tortor dan tepung tawar dengan beras kuning menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam upacara adat pernikahan putri mereka Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, Sabtu (25/11).
Newswire | 25 November 2017 10:45 WIB
Pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasurion. - antara

Kabar24.com, JAKARTA - Tarian tortor dan tepung tawar dengan beras kuning menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam upacara adat pernikahan putri mereka Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, Sabtu (25/11).

Dalam upacara adat Mandailing di Kompleks Bukit Hijau Regency itu, setelah duduk di kursi penyambutan Presiden dan Ibu Negara disuguhi baki berisi sirih, gambir, pinang, dan tembakau.

Setelah menerima tanda penyambutan adat tersebut, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana diarak secara adat menuju aula utama "Margalanggang" tempat manortor diiringi tortor mundur dari keluarga menantu, silat Mandailing dan suara pukulan gong.

Hulubalang berpakaian merah, putih, dan hitam mengawal mereka. Di belakang mereka antara lain ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan mantan Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin.

Setelah tiba di gerbang aula utama, Presiden dan Ibu Negara disambut tepung tawar dengan penyiramaman beras kuning sebagai tanda dan simbol harapan agar keluarga besan Bobby Nasution itu selalu merasa damai dan makmur.

Mereka memasuki gerbang yang bagian atasnya bertuliskan "Horas Tondi Madingin Pir Tondi Matogu Saur Matua Bulung", ucapan selamat berbahagia untuk pengantin agar menjadi keluarga bahagia dan terhormat.

Kepada mereka kemudian disematkan ulos atau selendang khas Mandailing sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan atas kedatangan tamu terhormat.

Salah seorang pengetua adat menyebutkan, penyematan ulos tersebut juga bentuk doa agar Presiden Joko Widodo dan keluarga selalu tegar dan tabah menghadapi berbagai tantangan.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi juga melakukan prosesi adat Manortor sesi ke-3 pada Sabtu (25/11) saat mengikuti rangkaian acara pesta adat dalam rangka ngunduh mantu pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution.

Presiden Jokowi tiba di lokasi dengan mengenakan jas biru gelap dan sarung merah didampingi Iriana Jokowi yang tampil mengenakan kebaya merah, kerudung merah dan songket oranye.

Manortor merupakan prosesi tarian sebagai bentuk kegembiraan dan penghormatan kepada Tuhan, leluhur, raja-raja, serta keluarga Kahiyang dan Bobby hingga tujuh tingkatan di atas mereka.

Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution dan resmi menyandang marga Siregar.

Jokowi dan Iriana disambut oleh perwakilan keluarga dan diberikan penjelasan singkat mengenai prosesi adat yang akan dilakukan. Keduanya kemudian diberikan 5 tanda mata yaitu yang sirih, gambir, soda, pinang, dan tembakau.

Di belakang Jokowi dan Iriana, tampak kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming beserta istrinya, Selvi Ananda beserta anak mereka, Jan Ethes Srinanrendra. Mereka melalukan prosesi hingga menuju pintu paradaton.

Di pintu paradaton, Jokowi dan Iriana diberikan ulos oleh tiga raja adat, Mandailing, Nasution, dan Lubis.

Pemberian ulos ini juga sebagai tanda keluarga Jokowi sudah menjadi bagian dari keluarga Siregar karena Kahiyang resmi menjadi istri Bobby Nasution.

Saat diberikan ulos, Presiden Jokowi dan Iriana disematkan kain ulos dan dijelaskan makna dari kain tersebut.

Pihak keluarga Nasution kemudian memberikan sambutan singkat dengan bahasa Batak dan diakhiri dengan 'horas' tiga kali.

Presiden lalu masuk ke tempat pernikahan dan duduk diapit oleh perwakilan keluarga Siregar.

Sebelumnya, sudah dilakukan serangkaian adat Mandailing seperti manotor I dan II dan penyembelihan kerbau.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi

Sumber : Antara

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top