Fashion

Banyak Profesional yang Ingin Pulang ke Indonesia

Dika Irawan
Senin, 27 November 2017 - 21:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buat orang Indonesia bekerja di luar negeri merupakan impian, karena menjanjikan kemapanan finansial maupun karier.

Namun, setelah berkarier di sana tak sedikit para profesional Indonesia justru ingin balik ke Indonesia.

Berdasarkan riset perusahaan spesialis rekrutmen profesional Robert Walters pada 2017, saat ini ada ribuan profesional Indonesia yang bekerja di luar negeri berkeinginan pulang ke Tanah Air.

Dari 8.000 responden yang disurvey, sebanyak 80% menyatakan ingin pulang kampung.

Glorya Tay, International Candidate Manager Robert Walters Indonesia mengatakan, bila dilihat dari bidang yang digeluti sangat beragam bergantung di negara mana mereka bekerja.

Misalnya, Eropa kebanyakan profesional bekerja di bidang engineering. Amerika Serikat di sektor teknologi informasi serta manajemen. Adapun di Singapura di bidang manajemen dan engineering.

Meskipun ingin pulang ke Indonesia, tetapi mereka tidak merealisasikannya dalam waktu dekat. Glorya mengatakan, ada beragam faktor yang menjadi pertimbangan mereka seperti menunggu situasi politik di dalam negeri stabil, peluang lebih baik, dan keluarga.

Namun, dari hasil wawancara dengan orang-orang itu, Glorya mengungkapkan, mayoritas keinginan balik ke Indonesia adalah keluarga. Mereka kadang tidak mempersoalkan gaji turun asalkan bisa dekat dengan keluarga. “Bahkan ada profesional dengan jabatan direktur di Amerika Serikat memilih pulang ke Indonesia demi merawat orang tua,” tuturnya, Senin (27/11/2017).

Jika bicara upah, Glorya mengungkapkan gaji profesional di Indonesia masih jauh dengan negara-negara lain seperti Singapura, Eropa, maupun Amerika Serikat. Mungkin hanya dengan Malaysia, gaji profesional Indonesia dapat sejajar.

Sebagai gambaran, dari survey gaji Robert Walters 2017 ditemukan bahwa seorang Chief Technology Officer di Singapura mendapatkan gaji sebesar Rp2,9 – Rp4,4 miliar per tahun. Sedangkan di Malaysia, dengan jabatan yang sama hanya mendapatkan Rp1,1 – Rp1,9 miliar per tahun. Jumlah itu tak berjauhan dengan di Indonesia yakni Rp850 juta hingga Rp1,5 miliar per tahun.

Glorya yang juga turut merasakan pulang kampung setelah bekerja di Singapura merelakan gajinya hanya 70 % saat pulang kampung ke Indonesia. Tetapi hal itu tidak jadi masalah karena berangsur-angsur gajinya naik hingga melebihi capaian sebelumnya.

Kendati begitu tidak semua profesional mengalami penurunan gaji ketika bekerja di Indonesia. Glorya menuturkan beberapa profesional justru bisa menawarkan gaji sesuai keinginan kepada perusahaan barunya. Persoalan ini juga tak lepas dari pengalaman mereka yang telah lama di luar negeri.

“Kalau makin senior biasanya makin susah balik,” tuturnya.

Terlepas dari persoalan itu, Indonesia sebetulnya kekurangan profesional ahli yaitu mereka yang memiliki pengalaman internasional, penguasaan dwi bahasa, dan mampu bekerja dengan digitalisasi.

Orang-orang dengan kriteria tersebut saat ini jadi buruan perusahaan. Mereka dianggap mampu menjawab tantangan zaman.

“Sebagai negara berkembang, justru inilah peluangnya bekerja di Indonesia,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro