Saluran cerna/Istimewa
Health

Ini Bahayanya Makan Sambil Beraktivitas

Mia Chitra Dinisari
Senin, 4 Desember 2017 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak dari kita yang terbiasa bergerak dan berbicara sambil makan.

Nah, ini kebiasaan yang sangat buruk. Bergerak sambil makan dapat menyebabkan beberapa penyakit pencernaan dan membuat Anda merasa lesu dan sakit. Jadi tidak hanya penting untuk makan dengan sehat tapi juga penting untuk menjaga kebiasaan makan yang tepat.

Bergerak atau melakukan aktivitas saat makan ini kebanyakan terlihat di antara individu yang bekerja di kantor. Waktu nongkrong mereka untuk bergaul dengan rekan kerja, berbagi makanan dan menggunakan jalan sebagai gangguan dari rasa bosan duduk berjam-jam di kursi kantor yang sama.

Semua baik, tapi berjalan saat makan bukanlah pilihan tepat mengingat efeknya terhadap kesehatan Anda. Anda dapat beristirahat sejenak di antara pekerjaan, tapi saat Anda makan siang, disarankan untuk duduk dengan tenang dan menikmatinya bersama rekan kerja dan keluarga Anda.

Saat ini, sistem prasmanan menyajikan makanan lazim terjadi pada setiap kesempatan. Dalam kasus seperti itu piring Anda penuh dan mencari pengaturan duduk untuk menikmati makanan Anda.

Mari kita lihat beberapa konsekuensi dari bergerak sambil makan.

1. Keasaman perut

Saat kita makan makanan, ia melewatkan pipa makanan ke perut untuk pencernaan. Ini adalah proses yang ketat dengan setiap gigitan yang Anda ambil. Tapi jika Anda terus bergerak sambil makan proses pencernaan terganggu, dan akibatnya, Anda mengalami mulas dan asam, disertai rasa mual.

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan adalah masalah umum yang dihadapi saat Anda makan saat dalam perjalanan. Ini karena partikel makanan tidak dipecah dengan benar dan tetap berada di usus. Hal ini mengakibatkan kelesuan, keasaman, gangguan pencernaan, dan banyak masalah lainnya. Jadi disarankan untuk duduk tenang sambil mengkonsumsi makanan Anda.

3. Perut Kembung

Gangguan pencernaan sering menyebabkan perut kembung dan disertai dengan muntah, mual dan sembelit. Seseorang mulai merasa tidak nyaman dan sering menderita sakit perut. Jadi, jika Anda terlambat bekerja dan berpikir untuk meraih sebutir apel saat bepergian, maka berhati-hatilah karena sepanjang sisa perut Anda akan membuat Anda menderita banyak.

4. Peningkatan Aktivitas Kandung Kemih

Hal ini terlihat pada kebanyakan individu bahwa mereka memiliki kopi atau teh sambil berjalan dan bercakap-cakap atau saat mengemudi. Mungkin terlihat sehat untuk mengemudikan dan menghirup kopi tapi juga menginduksi aktivitas kandung kemih meningkat. Dorongan Anda untuk buang air kecil meningkat akibat kafein. Selain itu, bahkan bisa menyebabkan keasaman dan perut kembung.

5. Mual

Jika sudah sering mengalami mual, maka bisa jadi karena aktivitas bergerak saat makan. Makanan yang kita konsumsi ini dirancang untuk menghasilkan energi untuk meningkatkan fungsi tubuh kita. Tapi jika perut tidak diberi istirahat yang cukup maka bisa menimbulkan masalah kesehatan yang merugikan. Mual sebagian besar terlihat jika seseorang minum susu hangat atau protein goyang tergesa-gesa. Hal ini karena membutuhkan waktu agar tubuh mencerna dan memecahnya. Jika tubuh terlibat dalam beberapa kegiatan lain, maka ia tidak dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada makanan, dan akibatnya, hal itu menyebabkan perasaan pincah.

6. Pembentukan Gas

Pembentukan gas adalah masalah umum yang terkait dengan gangguan pencernaan dan kembung. Hal itu bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan lesu. Dalam kasus yang merugikan, pembentukan gas menyebabkan nyeri dada parah dan bahkan stroke ringan. Jadi jika Anda adalah salah satu dari mereka yang cenderung minum minuman berkarbonasi dan kafein saat bepergian, masalah ini mungkin merupakan bahaya kesehatan yang serius bagi Anda.

7. Makan Lebih Banyak

Aspek penting lainnya dari makan sambil bergerak adalah orang cenderung makan lebih banyak. Dia gagal melacak tingkat nafsu makan dan terus mengunyah makanan saat terlibat dalam percakapan mendalam. Hal ini pasti akan menyebabkan perut kembung karena makan berlebih dan menambahkan ekstra kilo ke lingkar pinggang Anda. Jadi ini adalah beberapa masalah yang terkait dengan kesibukan saat Anda sedang makan. Jadi untuk memiliki gaya hidup sehat, pertahankan diet yang tepat bersama dengan mengunyah makanan Anda dengan aman untuk menghindari gangguan pencernaan dan masalah asosiasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro