Buah Ceri/Istimewa
Referensi

Anda Suka Buah Ceri? Ini Manfaatnya

David Eka Issetiabudi
Sabtu, 30 Desember 2017 - 21:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kandungan nutrisi yang mendukung kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker, menjadi salah satu manfaat mengkonsumsi ceri.

Untuk mendapatkan ceri, memang tidak mudah. Paling tidak, tidak banyak dijual di pasar tradisional maupun gerai retail modern. Hanya saja, jika tahu manfaat ceri, Anda mungkin rela mencarinya untuk mendapatkan berbagai manfaat dari kandungan buah mungil tersebut.

Situs alodokter.com, menyebut berbagai manfaat mengkonsumsi buah yang memiliki sumber vitamin C dan kalium. Pertama, kandungan serat untuk menjaga berat badan dan mengurangi risiko diabetes hingga kanker.

Selain itu, karena kandungan vitamin C nya tinggi, mengkonsumsi ceri juga dapat meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit kardiovaskular.

Kedua, melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit serius. Warna merah ceri, berasal dari kandungan antosianin, yang mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu, ceri juga memiliki hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol.

Dalam artikel yang ditinjau oleh Medical Editor alodokter.com Kevin Adrian Djantin, adanya antioksidan pada ceri mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dalam penyakit osteoartritis.

Ketiga, kandungan vitamin C dan kalium. Keberadaan kalium dalam ceri, mampu mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Selain itu, mineral ini mampu membantu menjaga tekanan darah, hingga denyut jantung.

Bagi Anda yang ingin menikmati ceri, banyak pilihan olahannya. Mulai dari dalam bentuk buah segar, bekuk, maupun kering. Jangan khawatir, mengkonsumsi jus ceri dan dan ceri kering tidak mengubah kandungan antioksidan.

Untuk menjaga kualitas ceri, Anda juga perlu memperhatikan cara penyimpanan buah yang termasuk dalam kingdom plantae ini.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih buah ceri yang kecil dan lembek atau yang sudah cacat di permukaanya. Disarankan untuk menyimpan ceri di dalam lemari pendingin dengan dibungkus dalam plastik atau tempat penyimpanan khusus.

Dari berbagai manfaat yang disebutkan, tertarik untuk mengkonsumsi ceri?  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro